PERENCANAAN PERSEDIAAN BATUBARA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BIAYA TRANSPORTASIMENGGUNAKAN MODEL P BACK ORDER DI PT. ABC

Achmad Bahauddin, Ratna Ekawati, Mohammad Riza Hafidz

Abstract


PT. ABC adalah salah satu perusahaan yang menghasilkan listrik dengan bahan baku utama berupa batubara. Perencanaan inventori di PT. ABC dalam pengadaan batubara perlu dilakukan perbaikan karena perusahaan belum mampu memenuhi semua permintaan yang ada dengan optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan baku batubara untuk 12 bulan berdasarkan peramalan, mengetahui waktu pemesanan barang yang optimal, mengetahui jumlah safety stock yang seharusnya disediakan untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan bahan baku batubara, dan menentukan total biaya inventori yang optimal dengan mempertimbangkan biaya transportasi. Untuk menyelesaikan penelitian ini, dilakukan peramalan permintaan bahan baku batubara menggunakan metode EWMA with seasonal correction. Kemudian dilakukan perencanaan inventori batubara menggunakan model P back order dengan mempertimbangkan biaya transportasi dan diselesaikan secara matematis menggunakan model Hadley-Within. Penelitian ini menghasilkan kebutuhan permintaan bahan baku batubara untuk 12 bulan dan waktu antar pemesanan sebesar 9 hari dengan jumlah safety stock sebesar 7.715,26 ton serta total biaya inventori sebesar Rp 303.613.051.566,05 untuk memperoleh hasil yang optimal. Dengan adanya usulan tersebut diharapkan perusahaan mampu memenuhi semua permintaan bahan baku batubara dan meningkatkan profit.


Keywords


Perencanaan Persediaan; Batubara; Model P back order; Biaya Transportasi;

Full Text:

PDF

References


Bahagia, S. N. 2006. Sistem Inventori. Bandung. Institut Teknologi Bandung

Burhan. 2010. Model P Back Order dan Algoritma Permasalahan Inventory Dengan Mempertimbangkan Ongkos Transportasi (Fixed and Variable Cost) – Permintaan Probabilistik.

Jurnal Agrointek.Vol. 4, No. 2.

Fogarty, D.W., Blackstone, J.H., and Hoffman, T.R., 1991. Production & Inventory Control Management. Cincinnati. South Western Publishing Co.

Ginting, R. 2007. Sistem Produksi. Yogyakarta. Graha Ilmu Hadiguna, R.A. 2009. Manajemen Pabrik. Edisi Pertama. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Junaedi, E. 2013. Perencanaan Inventori Bahan Baku Pipa Baja SPM dengan Model B Back Order di PT. XYZ. Tugas Akhir. Cilegon. Jurusan Teknik Industri. FT. Untirta.(Tidak dipublikasi)

Pujawan, I. N. 2005. Supply Chain Management. Surabaya. Guna Widya [Rangkuti, F. 2004. Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Tersine, R.J. 1994. Principles of Inventory and Materials Management.Fourth Edition. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.

Valentine, R. 2013. Penentuan Kebijakan Persediaan Dengan Memperhatikan Parameter Persediaan Menggunakan Model P. Tugas Akhir.Cilegon. Jurusan Teknik Industri. FT . Untirta.(Tidak

dipublikasi)




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v10i1.6637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.