APLIKASI FUZZY-SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN (Studi Kasus : Perpustakaan FT.Untirta)

Nurul Ummi, Putiri Buana Katili

Abstract


Koleksi pustaka yang lengkap, fasilitas yang memadai dan kualitas pelayanan yang baik dari pihak perpustakaan akan mempermudah mahasiswa dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan perkuliahan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh manajemen perpustakaan FT. UNTIRTA saat ini dirasakan mahasiswa masih kurang memuaskan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan merancang model perbaikan layanan perpustakaan FT.Untirta berdasarkan prioritas perbaikan yang diperoleh dari aplikasi FuzzySerqual dan Importance Performance Analysisi (IPA). Metode Servqual digunakan untuk mengukur kualitas jasa layanan perpustakaan dengan menggunakan lima dimensi. Sedangkan untuk menginterpretasikan ketidakpastian preferensi digunakanlah metode Fuzzy. Dengan menggambungkan dimensi Servqual dan Fuzzy (Servqual-Fuzzy) didapatkan gap keseluruhan sebesar -1,971 yang berarti pelayanan yang diberikan perpustakaan belum dapat memenuhi harapan dari mahasiswa. Dari hasil penggabungan metode Servqual-Fuzzy diperoleh nilai tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan yang kemudian dijadikan sebagai titik koordinat dalam pembuatan grafik IPA. Berdasarkan grafik IPA, faktor-faktor yang menjadi prioritas perbaikan adalah pada kuadran IV. Rancangan model perbaikan berdasarkan faktor-faktor prioritas perbaikan yaitu: perbaikan tata letak perpustakaan yang ergonomis, pembuatan display perpustakaan yang jelas dan menarik, penggunaan warna interior dan eksterior yang nyaman, penyediaan katalog koleksi perpustakaan, pembuatan program pelestarian bahan pustaka, menjalin kerjasama dengan perpustakaan lain, penambahan jumlah petugas perpustakaan, penerapan sistem informasi dan database, pemberian kode identifikasi lemari buku, dan penyediaan unit komputer yang dapat digunakan oleh pengunjung.


Keywords


Servqual; Fuzzy; Importance Performance Analysis (IPA);

Full Text:

PDF

References


Betrianis dan Wardhana, A. 2006. Penilaian Kinerja Manajemen Rantai Pengadaan Dengan Menggunakan Metode Teori Himpunan Fuzzy Dan Metode Penilaian Kinerja Yang Khas (Typical Performance Measurement). Jurnal Teknologi, Edisi No. 3, Tahun XX, hal. 221-229.

Kakerissa, A.L. 2005. Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Telkomsel Menggunakan Fuzzy-Servqual dan Potential Gain Customer Value Index (Studi Kasus pada PT. Telkomsel Ambon), Prosiding Seminar Nasional Soft Computing, Intelligent Systems and Information Technology, hal. 34-29.

Nandiroh, S dan Haryanto, T. 2006. Aplikasi Fuzzy Servqual Untuk Preferensi Kepuasan Konsumen, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 4, No. 3, hal 123-128.

Setiawan, R. 2005. Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Kereta Api Komuter SURABAYA –SIDOARJO, Prosiding, Simposium VIII FSTPT, hal. 1-10.

Zeithaml, V. A., dan M. J. Bitner. 1996. Service Marketing, New Jersey : The McGraw-Hill Companies, Inc.

http://ft-untirta.ac.id Akses tanggal 14/08/2010 jam 22:14




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v9i2.6697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.