PENGUATAN PENERIMAAN SINYAL MENGGUNAKAN BAHAN KALENG BEKAS MINUMAN PADA JARINGAN WIRELESS INTERNET

Hamdan AN, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Perkembangan Internet dalam dekade terakhir ini menunjukkan fenomena yang fantastis, Internet telah menyentuh seluruh lapisan masyarakat di dunia. Pertumbuhan ini menjadi sangat besar dengan mudahnya mengakses Internet melalui handphone dan mobile device lainnya. Orang dapat dengan mudahnya memperoleh akses Internet dimanapun dan kapan saja. Akses Internet pada sebuah laptop juga dapat diperoleh dengan menggunakan perangkat modem. Namun oleh karena mobilitas manusia semakin tinggi seringkali ia berada pada lokasi yang jauh dari base station sehingga kuat  sinyal yang diterima menjadi lebih rendah. Rendahnya kekuatan sinyal akan berpengaruh pada kualitas transmisi data antara server dengan mobile device tersebut. Akibatnya transfer data menjadi lebih lambat dan semakin banyak data yang drop (hilang) dalam perjalanan. Selain menjadikan pengguna semakin pusing juga lebih banyak menghabiskan daya listrik yang sangat mempengaruhi ketahanan baterei mobile device bersangkutan. Untuk mengatasi hal ini diperlukan extended antenna atau antenna tambahan yang dapat memperkuat sinyal. Penelitian ini mengajukan penggunaan extended antenna yang berupa bahan kaleng bekas sehingga mudah dibuat dan mudah didapat. Eksperimen yang dilakukan menunjukkan penambahan extended antenna dapat meningkatkan kekuatan sinyal dari 81 –dBm menjadi -91dBm atau meningkat sebesar 12,3%. Peningkatan kekuatan sinyal ini berpengaruh pada kecepatan download dari 373 kbps menjadi 397 kbps atau meningkat 6,6%.


Keywords


Antenna Tambahan; Internet; Peralatan Bergerak; Kekuatan Sinyal;

Full Text:

PDF

References


http://harrykeren.wordpress.com/2008/01/11/perbedaan-kecepatan-gprs-3g-dan-hsdpa-di-indonesia/. Diakses pada tanggal 24 Mei 2011

http://www.Internetworldstat.com/stats.htm. Diakses pada tanggal 24 Mei 2010.

Qi Bi, Ching-Yao Huang, Patrick Li, and Mark E. Newbury. 2003.Measures of Wireless Data Performance. Lucent Technologies Inc.

Supriyanto. 2010. Improving Performance of IPv6 Packet Transmission by Introducing CRC Extension Header, Master Thesis, Universiti Sains Malaysia.

B.A. Forouzan. 2006. Data Communications and Networking, Fourth Edition, Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited, New Delhi, India.

A.S. Tanenbaum. 2006. Computer Networks, Fourth Edition, Prentice Hall of India. New Delhi.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v8i1.6702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.