PERANCANGAN ULANG TATA LETAK BAHAN BAKU DAN BARANG JADI PADA BAGIAN GUDANG DENGAN PENDEKATAN STORAGE/RETRIEVAL

Lely Herlina, Evi Febianti, Nur Darmawati

Abstract


Gudang merupakan tempat penyimpanan bahan baku, barang setengah jadi maupun barang jadi sebelum didistribusikan ke konsumen. Keberadaan gudang dapat mendukung proses produksi, sehingga pengaturan barang yang baik di dalam gudang dapat meningkatkan utilisasi dan memperpendek jarak transportasi. PT. XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang zat warna. Masalah pergudangan yang ada di PT. XYZ adalah tempat penyimpanan bahan baku dan barang jadi belum tertata dengan baik, sehingga proses pencarian suatu material akan lama sebagai akibat dari sulitnya mengidentifikasi lokasi suatu material. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jarak perjalanan total yang minimum untuk bahan baku dan barang jadi, juga merancang tata letak bahan baku dan barang jadi sehingga dapat mempermudah proses penyimpanan dan pengambilan material. Pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pada penelitian ini adalah Storage/Retrieval yaitu suatu metode untuk menyusun satu atau beberapa produk dalam satu lokasi penyimpanan yang fix. Data diolah dengan memperhitungkan space requirement, throughput dan penempatan produk. Penempatan produk dilakukan dengan cara menempatkan produk berdasarkan nilai perbandingan throughput dan kebutuhan ruang terbesar pada jarak terkecil terhadap titik I/O. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak perjalanan total yang minimum dari hasil pergerakan forklift untuk bahan baku adalah sebesar 1716,73 m dan untuk bahan jadi sebesar 1439,52 m.


Keywords


Gudang; Storage/Retrieval; Space requierement; Throughput;

Full Text:

PDF

References


. Wignjosoebroto, S. 1996. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan edisi ketiga. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya

. Arima, N.D. 2010. Perbaikan Tata Letak Gudang dengan Menggunakan Metode Clased Based Storage. Tugas Akhir Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Cilegon.

. Desiani, L. 2010. Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang Produk Jadi Menggunakan Metode Dedicated Storage pada PT. Buana Centra Swakarsa. Tugas Akhir Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Cilegon.

. Apple, J.M. 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Penerbit Institut Teknologi Bandung. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v8i2.6714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.