PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH PERBANKAN

Rachmad Hidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut layanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner. Data yang dikumpulkan adalah persepsi dan harapan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 prioritas utama yang harus ditingkatkan, karena kualitas layanan yang dirasakan masih lebih rendah dari harapan. Delapan faktor yang perlu ditingkatkan adalah pelayanan jam kas dipersepsikan tidak sesuai dengan jadwal, kemampuan karyawan dalam menangani keluhan dan pengaduan tidak bagus, komunikasi antara petugas dan nasabah tidak mudah, karyawan tidak mampu menangani nasabah yang memerlukan bantuan, karyawan tidak cepat menangani keluhan dan pengaduan, pembukaan rekening nasabah baru tidak dilakukan dengan cepat dan tanggap, kemudahan dalam proses pembukaan rekening menjadi nasabah baru, dan pelayanan yang berkaitan dengan penarikan dana.


Keywords


Kualitas layanan; Kepuasan nasabah dan analisis kinerja ;

Full Text:

PDF

References


Churchill, Gilbert A. Jr. and Suprenant. 1982, An Investigation in to the Determinant of Customer Satisfaction. Journal of Marketing Research. 19. pp. 491-504.

Cronin, J. Joseph Jr. and Taylor, Stevent A. 1992. Measuring Service Quality: A Reexanination and Extention. Journal of Marketing. 46 .July. pp. 55-68.

Fitzsimmons, James A and Mona J. Fitzsimmons. 1994. Service Management for Competitive Advantage. New York: Mc Graw-Hill International Edition.

Fornell C, MD Johnson, EW. Anderson, Jaesung Cha and B. Everin Bryant. 1996. The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose and Findings. Journal of Marketing. 60. Oktober. Pp. 7-17.

Lovelock, Christoper H. (1992). Managing Service: Marketing, Operations and Human Resources. New Jersey: Prentice Hall. Englewood Cliffs.

Martilla, J.A. and J. C. James. 1997. Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing 41, 7779.

Oliver R. L. 1981. Measurement and Evaluation of Satisfaction Process in Retail Setting. Journal of Retailing. 57. pp. 25-48.

Parasuraman, V., A. Zeithaml and L. L. Beny. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and its Implication for Future Research. Journal of Marketing Research. 49. pp. 41-50.

______ 1996. The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing. 40. pp. 31-46.

Spreng, Richard A. Scott B. Mackenzie & Richard W. Ollhavsky. 1996. A Reexamination of Determinants of Customer Satisfaction. Journal of Marketing. 60. July. Pp. 15-32.

Tijptono, Fandi. 1997. Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Tse D.K. and Wilson, P. C. 1988. Models of Consumer Satisfaction Formation An Extension. Journal of Marketing Research. 25. pp. 204-212.

Zeithaml, Valerie A., and Bitner, Mary Jo. 1996. Services Marketing. 1st edition New York: McGrawHill International Editions.

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

_______, 2008. Indonesian Customer Satisfaction Indeks (ICSI) Tahun 2007. Majalah SWA. No. 18/XVIII, 5-18 September, pp.26-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v8i2.6715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.