MODEL PEMANFAATAN BIODIESEL TERHADAP KETERSEDIAAN BAHAN BAKAR MINYAK PADA SEKTOR TRANSPORTASI UMUM DI DKI JAKARTA

Sirajuddin Sirajuddin

Abstract


Pemanfaatan biodiesel sebagai bahan bakar alternatif untuk subtitusi bahan bakar diesel/solar pada sektor transportasi di DKI Jakarta merupakan salah satu alternatif solusi dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar khususnya pada sektor transportasi yang berbahan bakar diesel. Dengan pemanfaatan biodiesel ini, diharapkan adanya kesinambungan persediaan BBM terhadap pemenuhan kebutuhan BBM di DKI Jakarta. Oleh karena itu, dalam menunjang kelancaran distribusi BBM dan Biodiesel sebagai subtitusi Solar, dibutuhkan sebuah sistem perencanaan yang secara integralistik dengan mengacu kepada program ketersediaan energi dan udara bersih secara berkelanjutan di DKI Jakarta.Model perencanaan yang dibuat menggunakan alat bantu perangkat lunak Powersim 2005, yang merupakan tools pembuatan model pemanfaatan biodiesel di DKI Jakarta. Dengan model ini, kebutuhan BBM dan pemanfaatan biodiesel terhadap ketersediaan BBM dan CPO nasional di DKI Jakarta sampai tahun 2015 dapat diketahui. Peran transportasi dan energi sebagai motor penggerak aktivitas perekonomian di DKI Jakarta sangat signifikan. Pemakaian energi oleh transportasi selain memberikan dampak terhadap persediaan BBM juga berdampak terhadap lingkungan di DKI Jakarta yang semakin memperhatinkan. Simulasi model menunjukkan pada tahun 2015 transportasi di DKI Jakarta mencapai 15.318.592 unit dengan jumlah transportasi yang berbahan bakar diesel sebesar 801.120 unit. Bahan Bakar Diesel yang dibutuhkan sebesar 25.763.860 barrel, sedangkan rasio kebutuhan BBM dengan kebutuhan BBM nasional -255%. Dengan pencampuran biodiesel sebesar 15%, pada tahun 2015 Biodiesel yang dibutuhkan sebesar 8.140.068 Barrel, CPO yang dibutuhkan mencapai 575.875 Ton sedangkan Rasio Kebutuhan CPO dengan Produksi CPO 3,21% dan Rasio dengan kebutuhan BBM nasional berkurang menjadi -221 %. Dengan adanya pemanfaatan biodiesel ini, diharapkan mampu menjadi alternatif solusi yang efektif dalam pemenuhan bahan bakar
khususnya transportasi berbahan bakar diesel di DKI Jakarta.


Keywords


Model powersim; model biodiesel; biodiesel DKI jakarta;

Full Text:

PDF

References


Agus Sugiyono., Endang Suarna., 2005, Optimasi Penyediaan Energi Nasional: Konsep Dan Aplikasi Model Markal, Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Angerhofer., B.J, Angelides., M.C., 2000, “System Dynamics Modeling In Supply Chain Management: Research Review”, Proceedings of the Winter Simulation Conference.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)., 2005, Perencanaan Energi Nasional Jangka Panjang Dengan Mempertimbangkan Pemanfaatan Bio-Fuel, Bahan Bakar Batubara Cair, PLTU Batubara Skala Kecil, dan PLTN, PT. Parikesit Indotama

Badan Pusat Statistik DKI Jakarta., 2006, Jakarta Dalam Angka Tahun 2006.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta., 2007, Laporan Kegiatan Mobil Bus Kota & Perkotaan di DKI Jakarta

Husaini., Yusep Kartiwa Caryana., 2004, Prospect of DME Plant Development In Indonesia As Subtitute Diesel Fuel, Research and Development Center for Oil and Gas Technologi-Lemigas.

Marciano Morozowski Filho Gladis Bordin Schuch., 1998, Demand Forecasting And Strategic Planning In Electricity Distribution Companies: A System Dynamics Approach, Federal University Of Santa Catarina Brazil.

Sterman., J.D., 2000, “Business Dynamics: System Thinking and Modeling for a Complex World”, McGraw Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v8i2.6717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.