Kajian sistem transmisi CVT untuk sepeda motor Honda Spacy pada putaran rendah, menengah, tinggi serta beban menanjak

Moh Azizi Hakim, Erik Heriana, Ii Iwanto

Abstract


Kendaraan yang mudah dioperasikan, tidak berisik dan hemat energi merupakan sebuah terobosan dalam dunia otomotif, penemuan teknologi yang dapat memudahkan pengguna kendaraan terus diciptakan salah satunya dengan penggunaan transmisi otomatis  jenis CVT. Cara kerja dari transmisi CVT ini adalah dengan memanfaatkan dua buah pulli, yaitu pulli primer (drive) dan puli sekunder (driven), prinsip kerja yang paling sederhana mengenai transmisi ini dapat dilihat pada sepeda, dimana perubahan kecepatannya berdasarkan perbedaan diameter gear primer (drive) dan gear sekunder (driven). Metodologi yang digunakan adalah dengan metoda kajian perhitungan sistem transmisi CVT pada sepeda motor “Honda Spacy”. Perhitungan diawali dengan mengkaji gaya yang bekerja pada kendaraan, kemudian perhitungan daya yang dibutuhkan untuk menggerakan system CVT dan pemilihan belt transmisi (belt). Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan didapat gaya hambat udara sebesar 90,7 N, sedangkan gaya dorong pada saat kecepatan 140 km/jam sebesar 182,73 N. Daya yang dibutuhkan untuk menggerakan kendaraan menggunakan transmisi CVT ini pada kecepatan 140 km/jam sebesar 7,1 kW, apabila dilakukan pada bidang miring dengan sudut 50 maka didapat 445,48 N. Semua perhitungan di atas dilakukan dengan perencanaan diameter puli primer 110,15 mm dan pulli sekunder 119,76 mm. Sedangkan panjang belt berdasarkan  perhitungan didapat 453,31 mm, maka panjang belt yang ada dipasaran adalah 457 mm.


Keywords


CVT, Jenis Transmisi Sepeda Motor.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Wardono, H. (2004). Modul Pembelajaran Motor Bakar 4-Langkah. Jurusan Teknik Mesin – Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Eko, I. (2008). Bedah skuter matik.Jakarta:PT prima info sarana media.

Kiyaku, Y., & Murdhana, DM. (1998). Teknis Praktis Merawat Sepeda Motor. Pustaka Setia. Bandung.

Bell, A. Graham. (1987). Performance Tunning In Theory And Practice Four Stroke. Hayne Publishing Group. Inggris.

Honda. (2010). Pedoman Perawatan Honda Motor. Jakarta: Indomobil Niaga International.

Daryanto. (2004). Teknik Sepeda Motor. Yrama Widya. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v15i2.6817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.