Chabot LINE untuk monitor perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia menggunakan PHP dan MySQL

Rizky Parlika, Sunu Ilham Pradika, Amir Muhammad Hakim, Kholilul Rachman Nur Manab

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi yang telah banyak mempengaruhi bidang kehidupan, khususnya di bidang informasi. Banyak informasi yang bertebaran dengan sangat cepat contohnya seperti berita akhir-akhir ini yang mendunia yaitu Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona tipe baru. Saat ini berbagai media informasi sedang gencargencarnya menyebarkan informasi mengenai COVID-19, sehingga sebagai penelitian dalam menangani virus ini peneliti membangun aplikasi chatbot dengan memanfaatkan LINE Messaging API sebagai platform dan PHP language sebagai bahasa pemrograman backend, serta MySQL sebagai penyimpanan basis data. Tujuan yang diharapkan dalam pembuatan aplikasi ini untuk memberikan berita informasi penyebarluasan Coronavirus Disease 2019 di Indonesia. Dengan melakukan implementasi dari sistem yang telah dirancang, maka berhasil dibuat sebuah sistem yang dapat melakukan pengambilan data dari API yang memberikan data kasus COVID-19 di Indonesia dan sebuah chatbot yang dapat berinteraksi dengan pengguna LINE.

 

Along with the development of technology which has greatly influenced life, especially in the field of information,  a  lot  of  information  spreads  very  quickly  such  as  the  recent  news  worldwide,  namely Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). COVID-19 is a disease caused by a new type of Coronavirus. Currently various information media are incessantly spreading information about COVID-19. Dealing with this issue, researchers are building chatbot applications by utilizing the LINE messaging API as a platform and PHP language as a backend programming language, and MySQL as database storage. The expected  goal  in  making  this  application  is  to  provide  news  information  on  the  distribution  of Coronavirus  Disease  2019  in  Indonesia.  By  implementing  the  system  that  has  been  designed,  a successful  system  can  be  made  to  retrieve  data  from  the  API  that  provides  COVID-19  case  data  in Indonesia and a chatbot that can interact with LINE users.


Keywords


COVID-19; API; Chatbot; LINE Messaging API;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


WHO. Coronavirus. (2020). Retrieved from https://www.who.int/health-topics/coronavirus.

Parlika, R., & Pratama, A. (2019). Aplikasi penampil berita realtime berbasis bot Telegram menggunakan API WEB (APBR versi 1.0). Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1 2019, pp. 17-20.

Chandra, Y. I., & Kosdiana. (2019). Rancang bangun aplikasi chat bot line menggunakan pendekatan agile process dengan model extreme programming berbasis web. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi STI&K (SeNTIK), vol. 3, no. 1, pp. 149-160.

Susilayasa, I. M. A., & Atitama, I. G. O. G. (2017). Implementasi line chat bot rekomendasi wisata menggunakan platform as a service. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi & Aplikasinya (SNATIA), 29-33.

Jati, D. P., & Maarif, M. R. (2018). The development of chatbot application on line messaging platform for customer service in Jogja sewa kamera.

Compiler, vol. 7, no. 2, pp. 91-98.

Prayoga, A., & Nurjayadi. (2018). Bot permainan tebak gambar pengenalan ada istiadat riau pada aplikasi LINE dengan metode webhooks. Jurnal Teknologi Terpadu (JTT), vol. 6, no. 2, pp. 161-167.

Lusita, M. D., Hurnianingsih, H., & Rihyanti, E. (2020). Aplikasi bot akademik BAAK STMIK Jakarta STI&K platform Line messenger menggunakan go languages. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 3, no. 1, pp. 1-8.

LINE Corporation. (2019). Line Official Account Operational Guide. Retrieved from https://www.linebiz.com/system/files/id/LINE.

Arita, A., & Finandhita, A. (2019). Pembangunan chatbot untuk menampilkan berita hoax pada platform Line menggunakan metode rule based [skripsi]. E-Lbrary Unikom (Universitas Komputer Indonesia).

Ananda, D. R., Imamah, F., Andre, S. Y. M., & Dores, D. (2018). Aplikasi chatbot (milki bot) yang terintegrasi dengan web CMS untuk customer service pada UKM MINSU. Jurnal Cendikia, vol. 16, no. 1, pp. 100-106.

Wijaya, M., Junaedy & Arfandy, H. (2019). Perancangan chatbot untuk informasi penerimaan mahasiswa baru pada STMIK Kharisma Makassar. Kharisma Tech, vol. 14, no. 1, pp. 14-23.

Parlika, R., & Pratama, A. (2019). Aplikasi mesin penjawab pesan berbasis bot Telegram, PHP, dan MySQL. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 14, no. 3, pp. 1-9.

Wirasandi, A., Gumilang, S. F. S., & Hasibuan, M. A. (2019). Integrasi LINE bot layanan pesan antar makanan “di kampus” menggunakan LINE front-end framework (LIFF) dengan metode iterative incremental. E-Proceeding of Engineering, vol. 6, no. 2, pp. 8019-8026.

Parlika, R., Hutama, S. H., Gallanta, R. A., Nabilah, Q. J., & Nusari, A. (2019). Studi komparatif implementasi push message pada media sosial secara gratis. E-Narodroid, vol. 5, no. 2, pp. 44-55.

Parlika, R., Miftakhoneki, S., Fernanda, R. A., Ramadhan, F. D., & Andry S, F. (2020). Program menghitung rumus bangun datar dan bangun ruang menggunakan fasilitas bot Telegram. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 15, no. 1, pp. 50-58.

Kawal Corona. Coronavirus Global & Indonesia Live Data. (2020). Retrieved from https://kawalcorona.com/

Azeri, I. (2017). What Is CI/CD?. Retrieved from https://dzone.com/articles/what-is-cicd.

Parlika, R., Prasetya, L. M. I., Putra, H. R., Satria, V. H., & Pralas, F. H. (2019). Membangun login terenkripsi menggunakan bot Telegram dan database MySQL. Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1 2019, pp. 196-202.

Warman, I., & Ramdaniansyah, R. (2018). Analisis perbandingan kinerja query database management system (DBMS) antara Mysql 5.7.16 Dan

Mariadb 10.1. Jurnal Teknoif, vol. 6, no. 1, pp. 32-41.

Development & Security. Kenali Apa itu Cron Jobs?. (2016). Retrieved from https://idcloudhost.com/kenali-apa-itu-cron-jobs/.

LINE Corporation. (2020). Messaging API overview. Retrieved from https://developers.line.biz/en/docs/messaging-api/overview/.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v16i2.8240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.