Alih Kode Ekstern dalam Obrolan Talkshow “My Mom Inspiration” dengan Variasi Bahasa Santai pada Video Youtube Kumparan.

Alifia Khoirunnisa, Gigit Mujianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dalam Obrolan Talk show “ My Mom Inspiration”   dan menjelaskan variasi bahasa santai yang terdapat dalam Talk show “ My Mom Inspiration” . Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif.  Metode deskriptif adalah metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Sumber data berupa video Youtube Talkshow “ My Mom Inspiration”. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif. Dari analisis tersebut terdapat dua bahasa yang digunakan dalam video tersebut antara lain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Adanya penggunaan dua bahasa tersebut ditemukan ungkapan-ungkapan yang merupakan alih kode. Pada bentuk alih kode terdapat dua jenis yang ditemukan yaitu Intra-sentensial switching (terjadi di dalam kalimat) dan Emblematic switching (alih kode simbolis). Kemudian ditemukan adanya ragam variasi bahasa yang menggunakan ragam santai. Pada tuturannya terdapat beberapa ciri-ciri ragam santai yaitu menggunakan bentuk allegro, struktur morfologi dan sintaksisnya normatif tidak digunakan, adanya unsur leksikal dialek.

Keywords


Alih Kode, Variasi Bahasa Santai, Sosiolinguistik

Full Text:

PDF

References


Asep Jejen Jaelani Dan Kusmanto. (2015). Kajian Fungsi Dan Variasi Bahasa Pada Status Facebook Tingkat Pendidikan Sd, Smp, Sma, Dan Perguruan Tinggi Yang Bergabung Di Akun Facebook Kusmanto Periode Februari 2015.

Chaer, Abdul dan Agustina. 2010. Sosiolinguistik: PerkenalanAwal. Jakarta: Rineka Cipta.

Diasti, R., Tarmini, W., & Agustina, E. S. (2014). Ragam Bahasa Dalam Acara Talk Show Kick Andy Periode Oktober 2013. Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Lampung.

Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa Dalam Komunikasi Verbal.Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3),358. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V2i3.19284

Laiman Akhii, Ngudining Rahayu, Dan C. W. (2018). Campur Kode Dan Alih Kode Dalam Percakapan Di Lingkup Perpustakaan Universitas Bengkulu. Volume Ii,(1), 45–55.

Pribadi, N. R., & Maret, U. S. (2014). Kajian Sosiolinguistik : Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Video Youtube Gita Savitri Devi. 2011.

Purwaningrum, C. A. E. (2018). Jenis Ragam Dan Karakteristik Ragam Tuturan Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Kelas VIII A SMP Pangudi Luhur I Kalibawang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Bahasa Dan Seni, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 277.

Kumparan. 2020. Talkshow My Mom Inspiration Ibu Sekolah Pertamaku (online),https://youtu.be/rVzuKvL5MKU. Diakses tgl 24 Mei 2021

Kumparan. 2020. Talkshow My Mom Inspiration Perempuan dan Seni Multasking (Online) , https://youtu.be/IOPpppq3gTk . Diakses tgl 24 Mei 2021

Sa’idah, & Niken Pramanik. (2016). Alih Kode Dalam Interaksi Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Ashabul Maimanah Sidayu.

SAYAMA MALABAR. (2015). Sosiolingustik.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i1.11794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia