PENGGUNAAN YOUTUBE BUKATALKS SEBAGAI MEDIA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SMAN 1 KALIBUNDER SUKABUMI

Feby Christiara Maldini, Elvi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam proses kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara, (2) Mengetahui keefektifan penggunaan situs berbagi video YouTube sebagai media pembelajaran di sekolah, dan (3) Mengetahui hasil dan mengkaji gambaran penggunaan situs berbagi video YouTube kanal milik Bukalapak dalam kumpulan video BukaTalks sebagai media dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media situs berbagi video YouTube kanal milik Bukalapak dalam kumpulan video BukaTalks dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Data tersebut didapat dari analisis terhadap 17 siswa, serta diperkuat dengan hasil wawancara via telepon seluler bersama guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kalibunder Kabupaten Sukabumi. Seluruh siswa dapat memahami dan mengasah keterampilan berbicara dengan menyampaikan tanggapan, komentar, dan pendapat pribadi dalam proses kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara mengemukakan pendapat.

Keywords


BukaTalks; Keterampilan Berbicara; Media Pembelajaran; YouTube

Full Text:

PDF

References


Hamid, Mustofa Abi, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nabila, Dhifa. “Media 4.0 Harapan Baru Generasi 21”. 2020. Malang: Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerja sama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).

Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Raharjo, Tri Weda. 2020. Respon terhadap Merk karena Pengaruh Gangguan Penayangan Iklan di YouTube. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Sumiharsono, M. Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2018. Media Pembelajaran. Jember: CV. Pustaka Abadi (Anggota IKAPI).

Susanti, Elvi. 2018. Keterampilan Berbicara. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Susrini, Ni Ketut. 2010. Beken dengan YouTube. Jakarta: PT. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v6i2.12649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia