META ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN

Tatu Hilaliyah, Ike Mutia, Erwin Salpa Riansi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis cerpen. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari 10 jurnal yang terkait dengan permasalahan yang akan diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih efisien. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah media pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis cerpen bertujuan untuk menguji keefektifan dan mengembangkan pembelajaran dengan presentase 60%, media pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis cerpen lebih efektif menggunakan desain penelitian eksperimen dengan presentase 60%, media pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis cerpen lebih tepat di terapkan pada siswa tingkat SMA/Sederajat dengan presentase 60%, dan media pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis cerpen lebih tepat menggunakan metode atau teknik pengumpulan data dalam bentuk tes dengan presentase 70%.


Keywords


Meta Analisis, Media Pembelajaran, Kemampuan Menulis

Full Text:

PDF

References


Algensindo. Subini, Nini. 2011. Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Jakarta: Buku Kita.

Almair, dkk. 2019. Penggunaan Media Gambar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Antang Makassar dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Anung Haryono dan Rahardjito. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cerita Pendek Di Kelas VII SMP Negeri 2 Cianjur Tahun Ajar 2014-2015. 2015.

Ambar, https://pakarkomunikasi.com/teori-media-pembelajaran-menurut-para-ahli (diunduh 20

Agustus 2021)

Dwi Handayani, Ni Made, et al. “Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa.” Journal of Education Technology, vol. 1, no. 3, 2017, p. 176, doi:10.23887/jet.v1i3.12502.

Kamalawati, S. N. A. Penerapan Pendekatan Saintifik Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis

Kamasiah. 2020. Pengaruh Kliping dalam Artikel sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI-A SMA Negeri Baubau.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rinanto, Andre. 1982. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Berkarakter. Prestasi Pustakaraya: Jakarta.

Sanaky, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sudaryono. Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada, 2017.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran dalam Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru

Ambarhttps://pakarkomunikasi.com/teori-media-pembelajaran-menurut-para-ahli




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v6i2.13067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia