LITERASI DIGITAL PADA PESERTA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

I Putu Gede Sutrisna, Astadi Mahendra Bhandesa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui literasi digital peserta pembelajaran daring di masa covid-19. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sampel yang berasal dari suatu populasi, yang mana pengambilan sampel dipilih melalui teknik simple probability sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Institut Teknologi dan Kesehatan Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring. Responden tersebut dipilih melalui simple random sampling hingga diperoleh sebanyak 90 orang. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Pada aspek kemampuan dasar literasi digital, capaian mayoritas responden ada pada kategori baik dengan rata-rata  presentase 91,95%, (2) Pada aspek latar belakang pengetahuan informasi, capaian mayoritas responden ada pada kategori cukup dengan rata-rata presentase 69,25%, (3) Pada aspek kompetensi utama literasi digital, capaian mayoritas responden ada pada kategori baik dengan rata-rata  presentase 86,55%, (4) Pada aspek sikap dan perspektif pengguna informasi, capaian mayoritas responden ada pada kategori cukup dengan rata-rata  presentase 62,7%.


Keywords


Literasi Digital, Pembelajaran Daring, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Bawden, D. (2008). Origins and concepts of digital literacy, in: Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices. Peter Lang Publishing: New York.

Santoso, A., dan Lestari, S. (2019). The Roles of Technology Literacy and Technology Integration to Improve Students’ Teaching Competencies. KnE Social Sciences.3(11): 243-256.

Sense, A. C. (2009). Digital Literacy and Citizenship in the 21st Century. San Francisco: Common Sense Media.

Surat Edaran Mendikbud RI nomor 3 tahun 2020 tanggal 3 Maret 2020.

Sutrisna, I Putu Gede. (2020). Gerakan Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Stilistika Stilistika Volume 8, Nomor 2 https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=NmYNrtQAAAAJ&citation_for_view=NmYNrtQAAAAJ:M3ejUd6NZC8C




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v6i2.13081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia