PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ICT MATA KULIAH APRESIASI & KAJIAN DRAMA INDONESIA UPAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Farid Ibnu Wahid, Ilmi Solihat

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yaitu pengembangan bahan ajar berbasis teknologi informasi pada mata kuliah Struktur Apresiasi Drama Indonesia di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran berbasis TIK mata kuliah Apresiasi dan Drama Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Indonesia FKIP UNTIRTA pada masa pandemi Covid-19. Fokus penelitian adalah mengembangkan materi dengan menggunakan TIK yaitu berupa video pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dibuat enam tahap; potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, dan uji coba produk (uji coba terbatas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahan Ajar Berbasis TIK menurut Ahli Media menyatakan 79% (Cukup), Ahli Materi 87,13% (Sangat Layak), dan Ahli Bahasa 76% (Layak), dengan rata-rata 80,71% (Layak).


Keywords


Bahan Ajar Berbasis ICT; Motivasi Belajar Siswa; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Aminullah, A. (2017). Hubungan Antara Keterlaksanaan Praktikum IPA dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Fitriya, S., Lesmono, A. D., Si, A. M., & Wahyuni, S. (2013). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory) pada Pembelajaran Fisika di SMP/MTs.

Haryati, S. (2013). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan.

Herlanti, Y. (2014). Tanya jawab seputar penelitian pendidikan sains.

Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar.

Nugraha, D. A., & Binadja, A. (2013). Pengembangan bahan ajar reaksi redoks bervisi SETS, berorientasi konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1).

Putri, N. W. M. A., Jampel, I. N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal EDUTECH Undiksha, 2(1).

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian.

Kuantitatif Kualitatif.

Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa Kelas Iv Semester I SD No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick And Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1).

Wijaya, M. (2012). Pengembangan model pembelajaran e-learning berbasis web dengan prinsip e-Pedagogy dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, 11(19), 20-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v6i2.13092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia