UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DALAM KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI

Bambang Sasmita Edi

Abstract


Sebagian besar siswa beranggapan bahwa keterampilan menulis merupakan materi yang paling sulit dalam belajar bahasa Jerman. Berdasarkan hasil pengamatan  guru dalam proses belajar mengajar teridentifikasi adanya kelemahan guru dalam proses penyampaian materi dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis dengan media gambar berseri dan motivasi  belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung di kelas X SMAN 16 Pandeglang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan menulis pada siswa kelas X SMAN 16 Pandeglang terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil nilai pembelajaran dari pra siklus ke siklus berikutnya. Pada pra siklus hanya  terdapat tiga siswa yang berhasil mampu menyelesaikan materi dengan tuntas. Namun, setelah diadakan perbaikan pembelajaran dengan media gambar berseri diperoleh peningkatan menjadi 26 siswa berhasil menuntaskan materi menulis ini.


Keywords


Hasil Belajar, Keterampilan Menulis, Gambar Berseri

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Indriani, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogjakarta: Diva Press.

Mudyahardjo, Redja. 2010. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidkan di Indonesia. Bandung: Rajawali Pers

Sadiman, Arief, dkk. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.

Suyadi.2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Buku Panduan Wajib Bagi Para Pendidik.Yogyakarta: Diva Press.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitan Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Wardhani, I.G.A.K, dan Kuswaya Wihardit. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v2i1.1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)