PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI

Sofia Anggelina, Herman Budiyono, Hilman Yusra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi terhadap pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan melakukan tes tertulis pada siswa yaitu dari hasil pretest dan posttest. Setelah hasil tes dikumpulkan, data dianalisis menggunakan output SPSS versi 25. Sampel dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode demonstrasi. Siswa kelas eksperimen pada saat pretest sebelum diberikan perlakuan memperoleh skor rata-rata 60,41 dan rata-rata pretest kelas kontrol 51,04. Setelah dilakukan posttest dengan pemberian perlakuan metode demonstrasi, siswa kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 85,41 sedangkan skor rata-rata posttest kelas kontrol adalah 78,12. Berdasarkan uji statistik independent sample t test, hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,002 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi.


Keywords


demonstration method, writing ability, procedure text

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Chotimah, C. & Fathurrohman, M. 2018. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. 2020. Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al-Azkiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150-158.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mu’awanah. 2011. Strategi Pembelajaran: Pedoman Untuk Guru Dan Calon Guru. Kediri: Stain Kediri Press.

Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Priyatni, E. T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 13. Malang: Bumi Karsa.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yohana, N. 2017. Konsepsi Pendidikan Dalam Keluarga Menurut Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Hasan Langgulung. OASIS Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(2), 126-145.

Yunus, M. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i2.15242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia