PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDLB TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 01 PEMBINA PANDEGLANG
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan setiap individu yang terlibat dalam pendidikan itu dituntut berperan secara maksimal dan penuh tanggung jawab untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan menulis karangan pada siswa kelas IV SDLB Tunagrahita Ringan di Sekolah Khusus Negeri 01 Pembina Pandeglang Banten. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan penguasaan siswa dalam menulis karangan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari enam indikator terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan berbantukan media gambar sebagai dasar pengembangan karangan mengalami peningkatan pada siklus I, II sampai siklus III. Rata-rata kemampuan menulis siswa pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu pada siklus I adalah 50,83%, pada siklus II memiliki rata-rata 71,66%, dan meningkat siklus III rata-ratanya sebesar 79,17%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, Sabarti,dkk 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta; Erlangga.
Bahri, Syaiful dan Aswan. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit: Rineka Cipta
Rahardijito, dkk. 1984. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rubertus, Angkowo dan Kosasih,A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Sagala, Syaiful. 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v2i1.1557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)