TINDAK TUTUR TAYANGAN IKLAN PRODUK PADA MASA PANDEMI: KAJIAN SOSIOPRAGMATIK

Aditya Pratama, Verawati Fajrin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tindak tutur yang terkandung dalam iklan produk susu kemasan siap saji Ultra Milk, Bear Brand, Frisian Flag di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan desain fenomenologis. Hal ini berkaitan dengan aspek slice of life yang muncul dalam tayangan iklan. Hasil analisis penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 5 bentuk tindak tutur ilokusi dari 34 data tuturan yang digunakan sebagai bahan analisis kajian sosiopragmatik pada iklan produk susu kemasan siap saji Ultra Milk, Bear Brand, Frisian Flag di masa pandemi. Bentuk tindak tutur yang dianalisis adalah 13 bentuk tindak tutur komisif, 11 bentuk tindak tutur direktif, 5 bentuk tindak tutur ekspresif, 3 bentuk tindak tutur asertif, dan 2 bentuk tindak tutur deklaratif. Mengacu pada temuan dan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa bentuk tindak tutur yang paling dominan muncul adalah tindak tutur ilokusi komisif.


Keywords


tindak tutur; iklan; pandemi.

Full Text:

PDF

References


Ahmed, H., Saleh Mohammad Assistant Professor, O., Arcelus, J., Amir, S., & Ali Mansoor researcher, P. (2021). Speech Act Analysis of President Jalal Talabani’s Address at the UN General Assembly on September 25, 2008. Linguistics and Culture Review , 5(1). https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1377

Andriana, D., & Damar, T. C. S. (2021). Efektivitas Iklan Susu Bearbrand Indonesia 2020 Versi New Normal Menggunakan Epic Model. Jurnal Pariwara, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31294/pariwara.v1i1

Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/48

Anggraini, N. (2020). Bentuk Tindak Tutur Lokusi Dan Ilokusi Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Sekip Ujung, Palembang. Bidar, 10, 73–87. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/bidar/article/viewFile/3069/1419

Asih, I. D. (2005). Fenomenologi Husserl:Sebuah Cara “Kembali ke Fenomena.” Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(2). http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/164/345

Asih, P. S., Rawi, R. D. P., & Rahayu, A. (2021). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fastfood KFC Di Kota Sorong (Studi Kasus Mega Mall Kota Sorong). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 352. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i3.11143

Bababayli, I., & Kiziltan, N. (2020). A comparative sociopragmatic analysis of the dialogues in Turkish and Azerbaijani B1-B2 EFL textbooks. Journal of Language and Linguistic Studies, 16(3), 1500–1522. https://doi.org/10.17263/jlls.803869

Bagut, I. Y. (2019). Penggunaan Bahasa Dalam Iklan Minuman Di Youtube. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 50–62. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v2i2.586

Bayat, N. (2013). A Study on the use of Speech Acts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 70, 213–221. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.01.057

Bril, I., Boer, H. J., Degens, N., & Fleer, J. (2022). Nursing students’ experiences with clinical placement as a learning environment for assertiveness: a qualitative interview study. Teaching and Learning in Nursing. https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.04.006

Budiman, S. A., & Ridwan, A. (2016). Tindak Tutur Ilokusi Direktif dalam Komik Insekt Karya Sascha Hommer. Identitaet, 5(03), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/download/16786/15250

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

databoks.katadata.co.id. (2021). Tren Produksi Susu Segar Indonesia Cenderung Meningkat sejak 2000 | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/05/tren-produksi-susu-segar-indonesia-cenderung-meningkat

Geis, M. L. (2006). Speech Acts and Conversational Interaction. Cambridge University Press.

Hajar, A. M., & Risnawati, E. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Iklan Kecap ABC pada Media Youtube Annisa Mavi Hajar 1 ,. 9(2), 126–142. https://doi.org/10.32493/sasindo.v9i2.%25p

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54–70. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1827

Hidayat, M. A. (2019). Desain Iklan Pada Marketplace Untuk Menarik Minat Konsumen ( Studi Iklan Online Shop Shopee ). Desain Iklan Pada Marketplace Untuk Menarik Minat Konsumen ( Studi Iklan Online Shop Shopee ), 1(3), 6. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3096

John, P., Brooks, B., & Schriever, U. (2019). Speech acts in professional maritime discourse: A pragmatic risk analysis of bridge team communication directives and commissives in full-mission simulation. Journal of Pragmatics, 140, 12–21. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2018.11.013

Jusuf, C. S., & Hermanto, D. R. (2019). Apakah Iklan Televisi Masih Kuat Mempersuasi Konsumen Di Era Teknologi, Komunikasi, Dan Informasi. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 37–45. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.100

Krippendorff, Klaus. (2004). Content analysis : an introduction to its methodology (2004th ed., Vol. 2). Sage Publications, Inc.

Krisadewa, M. F., & Rahardi, K. (2021). Bahasa Jenaka Di Kalangan Mahasiswa: Kajian Sosiopragmatik. Jurnal Kajian Budaya, Bahasa Dan Sastra, Volume 01 No.04 Tahun (2021), 01(04), 20–41. https://aksiologi.org/index.php/tanda/article/view/191

Kusmiarti, R., Yuniati, I., & Anggraini, R. F. (2019). Kesantunan Deklaratif: Kajian Sosiopragmatik Kasus di Kecamatan Luas Kabupaten Kaur. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 3(1), 17–31. https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i1.835

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670/576

Nainggolan, V. Y. B., Yakob, M., & Nucifera, P. (2020). Penggunaan Bahasa Persuasif Dalam Iklan Niaga Bergambar Pada Surat Kabar Serambi Indonesia Tahun 2019. Jurnal Samudra Bahasa, 26–40. https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/2501

Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik: Tindak Tutur dalam Media Sosial (C. T. Dr. Abdul Rohman H., M.T., Ed.). YPSIM. https://doi.org/10.17605/osf.io/z5um7

Nurfebiaraning, S. (2016). Strategi Kreatif Pesan Video Advertising “OREO Penuh Keajaiban” Pada Youtube. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.12928/channel.v4i1.4205

Omar, A., & Alhassan, M. A. M. (2020). A Sociopragmatic Analysis of Women and Gender Roles in John Galsworthy’s Forsyte Saga and Naguib Mahfouz’s Cairo Trilogy. International Journal of English Linguistics, 10(2), 284. https://doi.org/10.5539/ijel.v10n2p284

Pijnacker, J., Hagoort, P., Buitelaar, J., Teunisse, J. P., & Geurts, B. (2009). Pragmatic inferences in high-functioning adults with autism and Asperger syndrome. Journal of Autism and Developmental Disorders, 39(4), 607–618. https://doi.org/10.1007/s10803-008-0661-8

Pratama, A. (2021). Bahasa Iklan dan Implikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Membaca, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v6i1.10617

Rahayu, M. G., Bahry, R., & Armia. (2018). Analisis Pesan Moral dalam Cerita Rakyat Kluet. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, 3(1), 11–20. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?

Raimond, V. E. (2021). Kemenarikan Iklan OMO! Healthy Snack dalam Membangun Brand Awareness di Media Sosial. CARAKA : Indonesian Journal of Communications, 2(2), 74–88. https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.62

Ritonga, M., & Hermaliza. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Bahasa Iklan Di Stasiun Televisi Nasional. J-LELC:Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.25299/j-lelc.v2i1

Rohmadi, M. (2014). Kajian Pragmatik Percakapan Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paedagogia, 17(1), 53–61.

Romadhani, N. M., & Eles, R. J. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Iklan Pada Produk Mi Instan Indomie Di Televisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 38–46. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.3458

Ronan, P. (2015). Categorizing expressive speech acts in the pragmatically annotated SPICE Ireland corpus. ICAME Journal, 39(1), 25–45. https://doi.org/10.1515/icame-2015-0002

Saifudin, A. (2020). Teori Tindak Tutur Dalam Studi Linguistik Pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(2), 274–282. https://doi.org/10.33633/lite.v15i1

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99

Satya Kartika, A. (2016). Peran Efektivitas Iklan Dalam Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Pada Iklan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Aqua) Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(1), 176–206. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/15792

Siagian, F. N. (2021). Pengaruh Lingkungan Sosial, Iklan, Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Uin Sts …. 2(2), 898–913. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2

Sikana, A. M., & Linda Fadillah, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Fair and Lovely di Televisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 93–104. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1.4983

Suyanto. (2019). Fenomenologi sebagai Metode dalam Penelitian Pertunjukan Teater Musikal. Jurnal ISI Surakarta, 16(1). https://jurnal.isi-ska.ac.id/

Topbrandaward.com. (2022). Top Brand Index Beserta Kategori Lengkap | Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/

Utami, D. P. dan D. K. (2015). Strategi Dan Eksekusi Kreatif Iklan - Iklan Peraih Penghargaan Citra Pariwara 2013. Perpustakaan.Uns.Ac.Id, 53(9), 1689–1699. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/46710/Strategi-Dan-Eksekusi-Kreatif-Iklan-Iklan-Peraih-Penghargaan-Citra-Pariwara-2013




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i2.17336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia