INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR

Didah Nurhamidah

Abstract


Penelitian ini berisi bahasan internalisasi pendidikan karakter melalui permainan kartu kata bergambar sebagai media sumber belajar mandiri peserta didik pada beberapa sekolah SD/MI yang ada di wilayah Cibinong-Bogor. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil pendidikan secara maksimal terutama menginternalisasikan Pendidikan karakter kedalam jiwa peserta didik demi tercapainya tujuan pendidikan yaitu memanusiakan manusia. Tujuan dalam penelitian ini adalah menanamkan nilai-nilai karakter keagamaan sejak dini di antaranya nilai akhlak melalui media kartu kata bergambar untuk menjadikan peserta didik yang terpuji hingga terefleksi dalam prilaku, sikap dan pemikiran yang berdampak dalam kehidupan sehari-hari serta memberikan rangsangan untuk berkembangnya potensi daya pikir peserta didik secara maksimal. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif, dengan mendeskripsikan peristiwa, perilaku, atau keadaan pada tepat tertentu secara rinsi dan mendalam dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini yaitu penerapan pendidikan karakter melalui permainan kartu kata bergambar dapat menjadi bahan alternatif media dan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas karekter siswa menjadi lebih baik. Hasil penelitian ini sudah mencapai indikator yang diharapkan, dengan penerapan permainan kartu kata bergambar ini dapat meningkatkan kebiasaan karakter yang baik peserta didik dalam keseharian.

Keywords


internalisasi; pendidikan karakter; permainan kartu kata bergambar

Full Text:

PDF

References


Citra, Aini Nisa. 2012. Metode Pembelajaran Menyenangkan dan Edukatif di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaramah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathoni, Abdyrrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skiripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, Abdul. 2016. Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim VoL. 14. No. 2

Ilyas, Yuniar. 2000. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI UMY.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukandarrumidi. 2006. Metodologi Penelitian, Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajdah Mada University Press.

Zaenul, Firti Agus, 2010. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai&Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i2.17656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia