CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENEGAH PERTAMA DI KOTA SERANG

Erwin Salpa Riansi, Desma Yuliadi Saputra, Ade Juanto

Abstract


Penelitian ini berbicara tentang campur kode yang dilakukan guru dan murid dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah menengah Kota Serang Propinsi Banten. Dalam hal ini ditemukan beberapa temuan mengenai gejala campur kode. Situasi formal bisa menyebabkan gejala alih kode dan campur kode. Faktor guru yang kurang dalam penguasaan kosa kata bahasa Indonesia menjadi penyebab timbulnya gejala campur kode. Faktor sosial antara guru dan murid menjadi penyebab gejala campur kode, selain itu faktor kebiasaan dalam pelafalan bahasa Jawa serang akan menimbulkan gejala penyimpangan bahasa.


Keywords


Campur Kode, Sekolah Menengah Atas, Kota Serang.

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 1993. Pengantar Sosiologi Bahasa Bandung:Angkasa.

Brown., H. Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. terjemahan Nurholisch Pearson Education, Inc

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal, Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, John W. 2010. Research Design, terjemahan Achmad fawaij. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Denzin, Norman K dan Yvonna S. Lincoln. 2009. Qualitative Research, terjemahan Dariyanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Emzir.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.

Kridalaksana, Harimurti.2001. Kamus Linguistik, Jakarta: Gramedia

Mathew B. Miles & A. Michael Huberman, 1992. Qualitative Data Analysis, Terjemahan Tjetjep R. Rohidi, Jakarta: UI Press,

Nababan, P.W.J.1984.Sosiolinguistik Suatu Pengantar, Jakarta: Gramedia.

Ohoiwutun, Paul. 2007. Sosiolinguistik, Jakarta: Kesaint Blanc

Parera, J.D. 1997. Linguistik Edukasional, Jakarta: Erlangga,

Pateda, Mansoer, 1994. Sosiolinguistik, Bandung: Angkasa,

Rahardi, Kunjana. 2010. KajianSosiolinguistik, Bogor: Galia Indonesia

Rokhman, Fatur. 2013. Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusyana, Yus.1989. Perihal Kedwibahasaan (Bilingualisme), Jakarta: Depdikbud.

Suandi, I Nengah. 2014. Sosiolinguistik.Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i2.18417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia