META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA SEKOLAH DASAR

Tatu Hilaliyah

Abstract


            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbahasa siswa yang masih rendah pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Model pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan guru untuk merealisasikan strategi pembelajaran yang telah ditetapkan. Pada penelitian ini, pembelajaran menggunakan model multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbahasa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbahasa siswa di Sekolah Dasar melalui penerapan model pembelajaran multiliterasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasy experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan pretest-posttest. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Kontrol Grup Design. Desain ini terdapat tiga kelompok (3 SD kelompok eksperimen dan 3 SD kelompok control) yang dipilih secara acak kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berbahasa. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model multiliterasi terhadap keterampilan berbahasa siswa Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi (Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan). Bandung: PT. Refika Aditama.

Ginanjar, A.Y., Widayanti, W. 2018. Penerapan model pembelajaran multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa di SD/MI. Jurnal keilmuan dan kependidikan dasar. Vol. 1 No. 2.

Harsono, A.S.R., Fuady, A., Saddhono, K. 2012. Pengaruh strategi know want to learn (KWL) dan minat membaca terhadap kemampuan membaca intensif siswa SMP Negeri di Temanggung. BASASTRA jurnal penelitian Bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya Vol. 1 No.1.

Nopilda, L., Kristiawan, M. 2018. Gerakan literasi sekolah berbasis pembelajaran multiliterasi sebuah paradigma pendidikan abad ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 216-231.

Sugiyono. 2013. Model Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. 2013. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i2.18419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia