PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS DRAMA DI KELAS VIII/B SMP NEGERI 1 CIKEUSIK SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
.
Aminuddin, 2017. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Devitasari V (2018). “Penciptaan Naskah Drama Bhre Satya Palastra”. Jurnal Kajian Sastra, Teater dan Sinema, Vol.15, No. 1, Hal. 34-45
Elga Azmala Putri, dkk (2018). “Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Motivasi Belajar”. Jurnal Tadris Matematika, Vol. 1 No. 2 Hal. 167-174
Ernawati, dkk (2016). “Perbandingan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Pendekatan Guided Discovery Dan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning)”. Jurnal JPSD Untirta, Vol. 2 No. 2 Hal. 205-2014
Fauzi, dkk (2017) “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning”. Jurnal JTP2IPS, Vol. 2 No. 2 Hal. 27-36
Inggriyani Feby, Nurul Fazriyah (2017). “Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar”. Jurnal JPSD Untirta, Vol 3, No 2, Hal. 105-116
Irma Cintia N, dkk (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa”: Jurnal PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan - Vol. 32 No. 1 Hal. 69-77
Jakni (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Kemal, 1. (2013). “Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Instrinsik Teks Drama dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share”. Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, Hlm. 47-60.
Khaerudin D (2019). “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Drama Berdasarkan Pengalaman Pengarang Sebagai Bahan Ajar Drama Di SMP/MTS”. Jurnal Tuturan, Vol. 8, No. 2, Hal. 86-95
Lufiana I (2019). “Sosiologi Drama Jalan Menyempit Karya Joni Faisal”. Jurnal Kajian Sastra, Teater dan Sinema, Vol. 16, No. 2, Hal. 112-123
Mufti Ali, Dini Desty Setiani (2018). “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur”. Jurnal Bioedusiana, Vol. 3 No. 2 Hal. 59-63
Muhyidin. A, dkk (2018). “Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal”. Jurnal JPSD Untirta, Vol. 4 No. 1 Hal. 30-42
Oktari. D, dkk (2019). “Kemampuan Menulis Teks Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah KORPUS, Vol 3, No 1, Hal. 1-8
Pangaribowo D.R, dkk (2017). “Penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dan Permainan Smart Case untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga”. Jurnal Bioedukasi Volume 10, Nomor 1, Halaman 47- 57.
Rahmadhani, Meri. (2018). “Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMA Negeri 11 Padang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 7, Nomor 3 Hlm. 170-177
Rudi Rutonga (2017) “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2 Hal: 195-207
Suryani. E, Asri Y & Ratna, E. (2017). “Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6 No. 1.
Titisari Handayani (2015). “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Discovery Learning”. Jurnal JIPSINDO, Vol 2, No 2 Hal. 161-178
Yurnelis. (2013). “Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VIII RSBI-1 SMPN 12 Padang”. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, Volume 1, Nomor 2, Hlm. 27-37
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i2.18423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia