WACANA KRITIS MODEL NORMAN FAIRCLOUGH PADA JUDUL BERITA TRAGEDI KANJURUHAN MALANG DALAM MEDIA MASSA DARING

Fairuz Sintawati, Yumna Rasyid, Miftahulkhairah Anwar

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Wacana Kritis Model Norman Fairclough Dalam Judul Berita Tragedi Kanjuruhan Malang Dalam Media Massa Daring. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan disajikan secara kualitatif. Peneliti menyajikan data secara deskriptif yakni data disajikan apa adanya, faktual, dan akurat mengenai data, sifat, serta kaitanya dengan fenomena-fenomena yang terjadi sebenarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode simak catat. Sumber data yang dianalisi oleh peneliti berupa judul pemberitaan dalam media massa daring yakni tentang tragedi kanjuruhan malang yang kemudian dianalisis berdasarkan model Norman Fairclough. Hasil penelitian ini mencakup tiga dimensi wacana model Norman Fairclough yakni dimensi makrostruktural, dimensi mesostruktural, dan dimensi mikrostruktural. Berdasarkan hail penelitian dapat disimpulkan bahwa secara tekstual kelima judul berita menggunakan pemilihan diksi atau kosakata yang menitikberatkan pada penggunaan kata Tragedi Kanjuruhan. Serta dapat dilihat Tragedi Kanjuruhan menjadi objek utama pemberitaan dengan opini yang digunakan oleh kelima media.


Keywords


Wacana Kritis, Norman Fairclough, Tragedi Kanjuruhan, Media Massa Daring

Full Text:

PDF

References


Bola.com “Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober

: Indonesia Berduka, Netizen Kirimkan Doa untuk Ratusan Korban”. https://www.bola.com/indonesia/read/5085627/tragedi-kanjuruhan-1-oktober-2022-indonesia-berduka-netizen-kirimkan-doa-untuk-ratusan-korban diakses pada 21 November 2022.

Detik.com “Detik-detik Tragedi

Kanjuruhan yang Tewaskan 127 Orang”. https://www.detik.com/jatim/sepakbola/d-6323881/detik-detik-tragedi-kanjuruhan-yang-tewaskan-127-orang diakses pada 21 November 2022.

Fernanda A. (2021). Analisis Wacana

Kritis Pemberitaan PPKM Mikro Jawa Bali Pada Media Online. Skrispi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya.

Goziyah. (2018). Studi Wacana Bahasa

Indonesia (Kajian Wacana Kritis). Theory and Practice in Language Studies, Vol. 8, No. 11. ISSN 1799-2591.

Hadi, I.P. (2009). Perkembangan Teknologi

Komunikasi dalam Era Jurnalistik Modern. Jurnal Ilmiah Scriptura, Vol. 3 No 1, pp. 68-84.

Irfan Fahmi. (2020). Analisis Wacana

Kritis Norman Fairclough Pada Berita Festival Cisadane Di Koran Satelit News. Skripsi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kompas.tv “) Pengamat Sebut Pemicu

Korban Berjatuhan di Kanjuruhan adalah Gas Air Mata”. https://www.kompas.tv/article/334057/pengamat-sebut-pemicu-korban-berjatuhan-di-kanjuruhan-adalah-gas-air-mata diakses pada 21 November 2022.

Liputan6.com “Kisah-kisah Dramatis dari

Tragedi Kanjuruhan Malang Dampak Psikisnya?”. https://m.liputan6.com/news/read/5089206/headline-kisah-kisah-dramatis-dari-tragedi-kanjuruhan-malang-dampak-psikisnya diakses pada 21 November 2022

Merdeka.com “Terbukanya Tabir Gelap

Tragedi Kanjuruhan”.

https://m.merdeka.com/peristiwa/terbukanya-tabir-gelap-tragedi-kanjuruhan.html diakses pada 21 November 2022.

Nadya Inda S. (2021). Analisis Wacana

Kritis Pada Judul Berita Terkait Istilah Covid-19CDalam Media Massa Daring. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA). ISBN: 978-602-5872-78-5.

Pungki Ismi R. (2022). Analisis Wacana

Kritis Pemberitaan Kekerasan Wartawan Dalam Peliputan Berita. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultasn Syarif Kasim Riau.

Rengganis C, C. Nani D. (2019). Analisis

Wacana Kritis Fairclough Pada Pemberitaan Selebriti Di Media Daring. Jurnal Literasi. Vol, 3 No, 1. April 2019.

Sobur, Alex. (2009). Analisis Teks Media:

Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i1.19710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia