PENGARUH PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS XI MA MAMBAUSSHOLIHIN PANDEGLANG

Ade Juanto, Umalihayati Umalihayati, Desma Yuliadi Saputra

Abstract


Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas MA. Mambaussholihin, sehingga diperlukan metode pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang diterapkan adalah Metode Mind Mapping, metode pembelajaran mind mapping kemampuan berpikir siswa lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran biasa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan menulis paragraf narasi siswa yang pembelajarannya menggunakan metode mind mapping lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya biasa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen berbentuk kelompok kontrol pretes-postes, dengan perlakuan metode pembelajaran mind mapping dan pembelajaran biasa (konvensional). Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes uraian sebanyak 5 soal, kemudian data skor kemampuan menulis paragraf narasi siswa tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dengan demikian Terdapat perbedaan keterampilan menulis paragraf narasi antara siswa kelas eksperimen yang menerapkan mind mapping dengan kelas kontol yang menerapkan pembelajaran konvensional serta pada uji n-gain menunjukkan, siswa yang memperoleh pembelajaran mind mapping memiliki keterampilan menulis paragraf narasi yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional.


Keywords


Paragraf Narasi; Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2010. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Budi Febriyanto. (2018). Jurnal Tunas Bangsa, Vol. 5 Nomor 02: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI SISWA SEKOLAH DASAR. Universitas Majalengka: Jurnal Tunas Bangsa.

Semi, A. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Indihadi, D dan Nugraha, D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Deskriptif Bagi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Teknik “Braistorming” Dalam Proses Menulis. Tasikmalaya: UPI PRESS

Tapantoko, A.A.(2011). Penggunaan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SIswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Depok. Skripsi. FMIPA UNY. Tidak diterbitkan.

Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i1.19838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia