NILAI RELIGIOSITAS PADA NOVEL KAMBING DAN HUJAN KARYA MAHFUD IKHWAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Hari Muhamad Rizki, Arip Senjaya, Ahmad Supena

Abstract


Nilai religius merupakan nilai yang membahas konsep kehidupan atau keagamaan perihal aturan yang mengatur manusia dengan Tuhannya. Pertanyaan penelitian ini, yakni (1) Bagaimana bentuk nilai religius pada novel Kambing dan Hujan karya Mahfud Ikhwan? (2) Bagaimana relevansi nilai religius terhadap bahan ajar Sastra di SMA?. Tujuan penelitian ini, yakni (1) Untuk mendeskripsikan bentuk nilai religius hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam dalam novel Kambing dan Hujan Karya Mahfud Ikhwan (2) Untuk mendeksripsikan relevansi bentuk nilai religius terhadap bahan ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, baca, dan catat. Sumber data pada penelitian ini, yakni novel Kambing dan Hujan karya Mahfud Ikhwan. Hasil analisis data pada penelitian ini memiliki relevansinya terhadap pembelajaran sastra di kelas XI SMA yang dapat dijadikan referensi bahan ajar di kelas.


Keywords


Nilai Religius; Kambing dan Hujan; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmosuwito. (1989). Perihal Sastra dan Religiusitas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Burhani, A. N. (2016, September 24). Benturan Antara Nu dan Muhammadiyah. Retrieved Juni 04, 2022, from LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia): http://lipi.go.id/publikasi/benturan-antara-nu-dan-muhammadiyah/12834

Damono, S. D. (2020). Sosiologi Sastra . Jakarta: Gramedia.

Mangunwijaya, Y. (1994). Sastra dan Religiositas. Jakarta: Sinar Harapan.

Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurhaida. (2018, Mei 24). Sastra dan Kehidupan. Retrieved Juni 06, 2022, from Serambinews.com: https://aceh.tribunnews.com/2018/10/21/sastra-dan-kehidupan

Rahmanto, B. (Yogyakarta). Metode Pengajaran Sastra. 1988: Kanisius.

Rusyana, Y. (1982). Metode Pengajaran Sastra. Bandung: PT Mangle Panglipur.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Metode dan Aneka Analisis Bahasa: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yahya, A. F. (2020, April 24). Membaca Novel Kambing dan Hujan. Sastra-Indonesia.com.

Yahya, A. F. (2020, April 24). Sastra-Indonesia.com. Retrieved from https://sastra-indonesia.com/2020/04/membaca-novel-kambing-dan-hujan/

Yamin, M. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i1.19841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia