PENGEMBANGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA DI KELAS XI SMAN 8 KOTA SERANG

Ana Sajidah, Tatu Hilaliyah, Ilmi Solihat

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan respons peserta didik terhadap film dokumenter drama yang dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yakni 1) Tahap Analisis (Analyze), 2) Tahap Desain (Design), 3) Tahap Pengembangan (Development), 4) Tahap Implementasi (Implementation), dan 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Media yang dihasilkan berupa film dokumenter drama. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Serang dengan 34 siswa kelas 11 sebagai subjek penelitian. Untuk menguji kelayakan media, dilakukan validasi dengan 2 ahli bahasa, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Berdasarkan hasil analisis validasi, media film dokumenter drama yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan rata-rata 87,15%. dan Hasil analisis data respon peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,20% dengan kategori “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Film dokumenter drama sangat layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia materi drama. 


Full Text:

PDF

References


Asmariani. “Konsep Media Pembelajaran PAUD”. Jurnal Al-afkar. Vol.V.No.1. 2016.

Ega, Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Khaerudin, Didin. Kusmana, Suherli. Khaerudin, Iyay. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Drama Berdasarkan Pengalaman Pengarang Sebagai Bahan Ajar Drama di SMP/MTS”. Jurnal Tuturan. Vol. 8. No. 2. 2019.

Noor, Muhammad. 2021. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi’. PT Multi Kreasi Saatudelapan. Yogyakarta.

Rikarno, Riki. 2015. “Film Dokumenter Sebagai Sumber Belajar Siswa.” Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni 17(1):129-49

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.Alfabeta.

Suryani nunuk, Setiawan Achmad, Putria Aditin. 2019. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.20075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia