IMPLEMENTASI MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE

M. Yanuardi Zain, Endry Boeriswati, Fathiaty Murtadho

Abstract


Pandemi Covid-19 telah berdampak di berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk aspek pendidikan. Selama masa pandemi, proses pembelajaran tatap muka di kelas ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan karena itu, agar proses pembelajaran terus berjalan, maka kegiatan pembelajaran di lakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran online yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan peserta didik dengan menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif serta pengumpulan data yang dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembelajaran online dilihat dari segi konteks dilatarbelakangi oleh adanya sarana dan prasarana yang lengkap. Input pembelajaran online sangat tinggi karena pendidik dan peserta didik mempunyai karakteristik saling berkesinambungan, seperti halnya peserta didik memiliki potensi untuk berkembang dan pendidik memiliki keterampilan dalam membimbing, serta sarana dan prasarana penunjang program pembelajaran online yang telah lengkap. Proses pembelajaran online telah terlaksana sangat tinggi dikarenakan ada beberapa pendidik yang mengajarkan mata pelajaran tertentu belum melaksanakan pembelajaran online.  Produk pembelajaran online dapat meningkatkan hasil akhir peserta didik.


Keywords


Implementasi, Model CIPP, Pembelajaran Online

Full Text:

PDF

References


Ambiyar & Muiharika, D. (2019). Meitodologi Peineilitian Eivaluiasi Program. Banduing: CV. Alfabeita.

Astanui, N. S., & Sowiyah, I. S. (2015). Impleimeintasi Program Peindidikan Inkluisif (Stuidi Eivaluiatif Meitodei Cipp di SMA Neigeiri 2 Meitro), Doctoral Disseirtation, Uiniveirsitas Lampuing.

Bhakti, Y. B. (2017). Eivaluiasi program modeil CIPP pada proseis peimbeilajaran IPA. JIPFRI Juirnal Inovasi Peindidikan Fisika Dan Riseit Ilmiah, 1(2), 75-82.

Eilyas, A. H. (2018). Peingguinaan modeil peimbeilajaran ei-leiarning dalam meiningkatkan kuialitas peimbeilajaran. Warta Dharmawangsa, (56).

Hadisi, L., & Muina, W. (2015). Peingeilolaan teiknologi informasi dalam meinciptakan modeil inovasi peimbeilajaran (ei-leiarning). Al-TA'DIB: Juirnal Kajian Ilmui Keipeindidikan, 8(1), 117-140

Hanuim, N. S. (2013). Keieifeitifan ei-leiarning seibagai meidia peimbeilajaran (stuidi eivaluiasi modeil peimbeilajaran ei-leiarning SMK Teilkom Sandhy Puitra Puirwokeirto). Juirnal peindidikan vokasi, 3(1).

Jaya, P. R. P., & Ndeiot, F. (2019). Peineirapan modeil eivaluiasi CIPP dalam meingeivaluiasi program layanan PAUiD holistik inteigratif. PEiRNIK: Juirnal Peindidikan Anak Uisia Dini, 1(1), 10-25.

Muisfah, J. (2018). Analisis Keibijakan Peindidikan Meinguirai Krisis Karakteir Bangsa. Jakarta: Keincana Preinadameidia Grouip.

Peirmatasari, G. A., Eillianawati, Ei., & Hardyanto, W. (2019). Onlinei Weib-Baseid Leiarning and Asseissmeint Tool in Vocational High School for Physics. Juirnal Peineilitian & Peingeimbangan Peindidikan Fisika, 5(1), 1-8.

Rohman, R. S., Eirmawati, Ei., Farlina, Y., & Syabaniah, R. N. (2018). Rancang Banguin Weib Ei-Leiarning uintuik Peingeilolaan Mata Peilajaran Tik Pada Smpit Adzkia Suikabuimi. Swabuimi, 6(1), 85-90.

Suigiyono. (2013). Meitodei Peineilitian Kuiantitatif, Kuialitatif dan R & D. Banduing: CV. Alfabeita.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.22771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia