MENINGKATKAN LITERASI BACA TULIS SISWA SMP MELALUI TEKNIK MENULIS SLOGAN

Sahrull Sahrullah, Eli Rustinar, Dewi Kusumaningsih, Reni Kusmiarti, Tomi Hidayat

Abstract


Menulis slogan dapat meningkatkan literasi baca tulis. Tujuan penelitian ini: (1) Apa saja jenis slogan dan makna slogan yang muncul di SMPN?; (2) Bagaimana teknik menulis slogan yang mudah untuk siswa SMPN?. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis slogan. Data penelitian ini berupa jenis slogan, makna slogan dan teknik penulisan slogan yang terdapat di SMPN 21 Kota Bengkulu. Sumber data penelitian ini berupa hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling utama dalam penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Tanpa mengetahui teknik pengumpulan data, maka peneliti tidak akan mendapatkan data yang memenuhi standar data yang ditetapkan. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik data yang berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk meneliti berbagai macam slogan di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Hasil penelitian berdasarkan jenis-jenis slogan terdapat 3 (tiga), yaitu : Slogan Pendidikan, Slogan Motivasi, Slogan Kebersihan. Slogan di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu berdasarkan diksi terdapat 3 (tiga) macam, yaitu : pemakaian kata bahasa, pemakaian kata pilihan umum, pemakaian jargon. Diksi yang paling banyak digunakan dalam slogan yang telah ditemukan di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu, yaitu pemakaian kata umum.

Kata Kunci: Literasi Baca Tulis, Slogan, Teknik Menulis


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S. (2008). Pengembangan Budaya Keaksaraan Tahap Awal: Intervensi Dini. Jurnal Pendidikan Bahasa. Edu-Lingua, 1(1), 86–87.

Alwi, hasan, D. (2013). Pengaruh Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis Paragraf Deskripsi Siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. 2011, 1–4.

Anshari, C., Adeliya, D., & ... (2023). Pelaksanaan Program Literasi Di Sekolah Dasar Lima Puluh Kota, Kampar, Dan Rokan Hilir. Jurnal Ilmiah Dan …. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JIKMA/article/view/532%0Ahttps://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JIKMA/article/download/532/509

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Bahasa, J., Silaswati, D., & Restu Purwanti, Mp. (n.d.). METAMORFOSIS PENGGUNAAN TEKNIK NOTE TAKING PAIRS UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA. http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis6

Chaer, A. (1990). Pengantar semantik bahasa Indonesia.

Chaer, A. (2016). Hakikat Semantik. Pbin4215/Modul 1, July, 1–23.

Desi, Y. P. (2020). Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi dan Strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3510

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sma Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685

Farihatin, A. (2013). Kegiatan membaca buku cerita dalam pengembangan kemampuan literasi dasar anak usia dini. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.

Hani, S. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS SLOGAN DAN POSTER DENGAN PENDEKATAN PROSES SISWA KELAS VIII SMP SYAICHONA CHOLIL SAMARINDA DEVELOPMENT OF MATERIAL WRITING SLOGAN AND POSTER WITH STUDENT PROCESS APPROACH CLASS VIII SMP SYAICHONA CHOLIL SAMARINDA Hani Subak. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 85–97.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Kennedy, A. M., Martin, M. O., & Sainsbury, M. (2006). ASSESSMENT FRAMEWORK Progress in International Reading Literacy Study (Issue August 2004).

Khohar, A., Pranawati, R., & Kumala, A. (2023). Pengembangan Teknik Menulis Berita bagi Siswa SMA Muhammadiyah 25, Setiabudi, Tangerang Selatan. In Jurnal Media Pengabdian Komunikasi (Vol. 3, Issue 1).

Kundharu, S. & S. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati, 28.

Maha Rani, N. L. R. (2013). Persepsi Jurnalis dan Praktisi Humas terhadap Nilai Berita. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 10(1), 83–96. https://doi.org/10.24002/jik.v10i1.155

Mubarok, M. A. R., & Rohaedi, D. W. (2021). Variasi Bahasa Slogan dalam Iklan Situs Belanja Daring Tokopedia: Kajian Sosiolinguistik. Bapala, 8(5), 187–196. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/41417

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64–76. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/13049/9454

Resnani, R. (2018). Penggunaan Teknik Menulis Semi Terpimpin Untukmeningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 27 Kota Bengkulu. In Jurnal PGSD (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.248-254

Saddhono, K., & Slamet, S. Y. (2012). Meningkatkan keterampilan Berbahasa Indonesia (teori dan aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Samani, M. (n.d.). Konsep dan model pendidikan karakter.

Siahaan, N. M., Turnip, K. P., Simanjuntak, F. S., & Barus, F. L. (n.d.). Analisis Makna Leksikal Pada Slogan-Slogan di SMP Negeri 35 Medan. KODE: Jurnal Bahasa, 11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.22786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia