PENGGUNAAN BUKU BERGAMBAR DALAM MENUMBUHKAN LITERASI BACA TULIS SISWA SMP N 14 KOTA BENGKULU

Subianto Subianto, Dewi Kusumaningsih, Yanti Paulina, Hasmi Suyuthi, Suparmin Suparmin

Abstract


Buku bergambar dapat digunakan sebagai media dalam menumbuhkan literasi baca tulis siswa, penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui penggunaan buku bergambar dalam menumbuhkan literasi baca tulis siswa, (2). Faktor penghambat literasi baca tulis siswa, (3). Upaya guru untuk mengatasi rendahnya literasi baca tulis siswa. Metode yang dipakai dalam Penelitian ini metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini informasi tentang penggunaan buku bergambar dalam pembelajaran kelas 8.1 menumbuhkan literasi baca tulis. Sumber data penelitian ini hasil kuisioner siswa  kelas 8.1 yang berjumlah 32 orang, dan wawancara 1 orang staf  perpustakaan SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik observasi, teknik wawancara, teknik kuisioner, dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan buku bergambar dinilai efektif dalam menumbuhkan literasi baca tulis siswa di SMP Negeri 14 Kota.

Keywords: Application, Picture book, Read Write Students


Full Text:

PDF

References


Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan buku cerita bergambar sebagai sumber bacaan siswa sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 989–992. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6337%0Ahttp://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6337/2706

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Astuti, T., Hidayat, S., & Rusdiyani, I. (2021). Efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD negeri karundang 2. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 150–164.

Bun, M. P. (2020). Realisasi gerakan literasi digital sebagai implementasi gerakan literasi nasional di sekolah muhammadiyah pangkalan bun. 87–99. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12836

Damayanti, I. L., & Febrianti, Y. (2020). Multimodal literacy : unfolding reading path in children ’ s picture book and its potential for efl classrooms. 9(3), 616–627. https://doi.org/10.17509/ijal.v9i3.23212

Dasor, Y. W., Mina, H. M., & Sennen, E. (2021). the role of the teacher in the literacy movement in elementary. Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25.

Dea, C., Dwijayati, C., & Rahmawati, L. E. (2021). Sebagai implementasi gerakan literasi nasional di sma negeri 1 pangkalan bun. 2(1).

Desmarita Khairoes dan Taufina. (2019). Efektivitas penggunaan media belajar buku cerita bergambar terhadap pemahaman literasi membaca siswa kelas atas sekolah dasar. 1(1), 1–9.

Emosda, E. (2017). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 256–274. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6810

Febianti, F. (2021). Gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui peran perpustakaan dan pustakawan. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 3(1), 82–107. https://doi.org/10.24036/ib.v3i1.268

Haidar, A. (2018). program literasi sekolah dalam upayameningkatkan minat baca siswa.

Hidayah, L. (2019). Revitalisasi partisipasi masyarakat dalam gerakan literasi nasional: studi pada program kampung literasi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 87–98. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2819

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di sdn sapit.

Imanugroho, S., & Ganggi, R. I. P. (2018a). Program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca Peserta didik sdn Kuripan lor 01 kota pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 71–80. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22894/20929

Indriyani, J., Rinawati, A., & Murtopo, B. A. (2022). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca di mi khr ilyas maduretno. Tarbi : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(55), 126–136.

Islam, U., & Sunan, N. (2018). Reading day ( one book one person ) : gerakan literasi sekolah sebagai perwujudan budaya baca di sekolah sukma bangsa lhokseumawe. 9(1), 13–20.

Lestari, W. D., & Sabardila, A. (2021). Menguak nilai pendidikan karakter buku bacaan gerakan literasi nasional kementerian pendidikan dan kebudayaan kelas rendah sekolah dasar. 3.

Manjakani, A., Khoirunnisa, F., & Rahmah, M. (2021). Penggunaan media buku cerita bergambar Untuk meningkatkan motivasi Minat Baca di kelas rendah. Seminar Nasional. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/199/199

Maulidah, N., Anggraeni, N. D., Safitri, T. M., & Fatimah, S. (2018). the Constraints Analysis of Implementing School Literacy Movement. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mirnawati Mirnawati. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/download/14/12

Mugiharto, M. M. (2015). Pengembangan Buku Cerita Bergambar tentang Kehidupan Sehari-hari untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas XI. Didacticofrancia : Journal Didactique Du FLE, 1–85.

Nugraha, R. A., Degeng, I. N. S., Hanurawan, F., & Chusniah, T. (2016). Process of Self Regulated Learning an Student ’ s Strategic Studies Activities in Learning Environment. Proceedings of the International Conference on Education (ICE), Education in the 21thCentury: Responding to Current Issues, 747–753.

Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, A. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 322. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085

Prasarana, S., & Sekolah, P. (2015). peranan perpustakaan sekolah sebagai sarana pendukung gerakan literasi sekolah di sekolah menengah pertama.

Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi inovasi budaya literasi numerasi macatung di sekolah dasar. 6(4), 6248–6256.

Restu Rahayu et al. (2021). Analisis gerakan literasi sekolah (gls) dengan media buku cerita bergambar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.

Salamah, S. (2019). Bercerita dengan buku bergambar sebagai media peningkatan keterampilan literasi dini. Prosiding Seminar Internasional Kebahasaan, 223–233. academia.edu

Untari, M. F. A., & Saputra, A. A. (2016). Membaca pemahaman pada siswa kelas Iv sd. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 26–36.

Wibowo. (2023). Efektivitas buku cerita bergambar berbasis budaya lokal untuk peningkatan ketrampilan membaca. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).

Widodo, A. (2020). Implementasi program gerakan literasi sekolah di sekolah menengah pertama ( smp ). 16(1), 11–21.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.22808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia