EFEKTIVITAS TINDAK TUTUR PADA TAYANGAN IKLAN PRODUK FRISIAN FLAG

Aditya Pratama, Verawati Fajrin, Aziz Fauzi

Abstract


Periklanan menjadi semakin beragam karena berkembangnya media informasi. Hal ini dilakukan agar pesan yang disampaikan melalui iklan dapat menjangkau masyarakat. Salah satu ciri bahasa periklanan adalah persuasif. Keberadaan kata-kata yang berkesan dan persuasif dalam periklanan tidak lepas dari peran tindak tutur. Tuturan pada bahasa iklan sebaiknya dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan suatu tindakan untuk membeli suatu produk. Penelitian ini menggunakan tataran sosiopragmatik dengan menyelidiki bahasa yang digunakan dalam iklan di lingkungan sosial suatu masyarakat, meliputi dimensi empati, dimensi persuasi, dimensi dampak, dan dimensi komunikasi. Oleh karena itu, digunakan Epic Model. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan efektivitas tindak tutur ilokusi pada tayangan iklan produk susu cair kemasan siap minum merek Frisian Flag. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Islam Syekh dengan sample 95 mahasiswa diukur menggunakan rumus slovin. Hasil akhir dari EPIC rate adalah 5,0 yang termasuk dalam kategori Efektif. Hal ini menunjukkan bahwa iklan susu Frisian Flag versi Siap Raih Terbaikmu 2021 telah memiliki dampak maksimal bagi konsumennya sedangkan hasil akhir dari EPIC rate adalah 4,3724 yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa iklan Frisian Flag 2022 versi Pahlawan Keluarga telah memiliki dampak maksimal bagi konsumennya.


Keywords


Ilokusi, Epic Model, Iklan

Full Text:

PDF

References


Ahmed, H., Saleh Mohammad Assistant Professor, O., Arcelus, J., Amir, S., & Ali Mansoor researcher, P. (2021). Speech Act Analysis of President Jalal Talabani’s Address at the UN General Assembly on September 25, 2008. Linguistics and Culture Review , 5(1). https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1377

Andriana, D., & Damar, T. C. S. (2021). Efektivitas Iklan Susu Bearbrand Indonesia 2020 Versi New Normal Menggunakan Epic Model. Jurnal Pariwara, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31294/pariwara.v1i1

Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/48

Anggraini, N. (2020). Bentuk Tindak Tutur Lokusi Dan Ilokusi Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Sekip Ujung, Palembang. Bidar, 10, 73–87.

Bababayli, I., & Kiziltan, N. (2020). A comparative sociopragmatic analysis of the dialogues in Turkish and Azerbaijani B1-B2 EFL textbooks. Journal of Language and Linguistic Studies, 16(3), 1500–1522. https://doi.org/10.17263/jlls.803869

Bayat, N. (2013). A Study on the use of Speech Acts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 70, 213–221. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.01.057

Borawska, A., & Latuszynska, M. (2020). The use of neurophysiological measures in studying social advertising effectiveness. Procedia Computer Science, 176, 2487–2496. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.327

Bril, I., Boer, H. J., Degens, N., & Fleer, J. (2022). Nursing students’ experiences with clinical placement as a learning environment for assertiveness: a qualitative interview study. Teaching and Learning in Nursing. https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.04.006

Budiman, S. A., & Ridwan, A. (2016). Tindak Tutur Ilokusi Direktif dalam Komik Insekt Karya Sascha Hommer. Identitaet, 5(03), 1–5.

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Carston, R. (2021). Polysemy: Pragmatics and sense conventions. Mind and Language, 36(1), 108–133. https://doi.org/10.1111/mila.12329

Fajrin, V. (2019). Analisis Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif serta Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan Tokoh Novel Pulang Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas X SMAN Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28(01), 1–18.

Geis, M. L. (2006). Speech Acts and Conversational Interaction. Cambridge University Press.

Jebb, A. T., Ng, V., & Tay, L. (2021). A Review of Key Likert Scale Development Advances: 1995–2019. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.637547

John, P., Brooks, B., & Schriever, U. (2019). Speech acts in professional maritime discourse: A pragmatic risk analysis of bridge team communication directives and commissives in full-mission simulation. Journal of Pragmatics, 140, 12–21. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2018.11.013

Lin, S. Y. (2016). Beardsley on literature, fiction, and nonfiction. Journal of Aesthetics and Culture, 8. https://doi.org/10.3402/jac.v8.29208

Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129.

Marques, T. (2021). Illocutionary force and attitude mode in normative disputes. Metaphilosophy, 52(3–4), 449–465. https://doi.org/10.1111/meta.12488

Morady, M., & Esmaeilpour, F. (2023). Persuasive Language in ELT-Related Ads on Social Media. Journal of Psycholinguistic Research. https://doi.org/10.1007/s10936-023-09942-7

Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik: Tindak Tutur dalam Media Sosial (C. T. Dr. Abdul Rohman H., M.T., Ed.). YPSIM. DOI 10.17605/OSF.IO/Z5UM7

Omar, A., & Alhassan, M. A. M. (2020). A Sociopragmatic Analysis of Women and Gender Roles in John Galsworthy’s Forsyte Saga and Naguib Mahfouz’s Cairo Trilogy. International Journal of English Linguistics, 10(2), 284. https://doi.org/10.5539/ijel.v10n2p284

Otamendi, F. J., & Sutil, D. L. (2020). The Emotional Effectiveness of Advertisement. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.02088

Pescaroli, G., Velazquez, O., Alcántara-Ayala, I., Galasso, C., Kostkova, P., & Alexander, D. (2020). A Likert Scale-Based Model for Benchmarking Operational Capacity, Organizational Resilience, and Disaster Risk Reduction. International Journal of Disaster Risk Science, 11(3), 404–409. https://doi.org/10.1007/s13753-020-00276-9

Pijnacker, J., Hagoort, P., Buitelaar, J., Teunisse, J. P., & Geurts, B. (2009). Pragmatic inferences in high-functioning adults with autism and Asperger syndrome. Journal of Autism and Developmental Disorders, 39(4), 607–618. https://doi.org/10.1007/s10803-008-0661-8

Pratama, A. (2021). Bahasa Iklan dan Implikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Membaca, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v6i1.10617

Rohmadi, M. (2014). Kajian Pragmatik Percakapan Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paedagogia, 17(1), 53–61.

Ronan, P. (2015). Categorizing expressive speech acts in the pragmatically annotated SPICE Ireland corpus. ICAME Journal, 39(1), 25–45. https://doi.org/10.1515/icame-2015-0002

Saifudin, A. (2020). TEORI TINDAK TUTUR DALAM STUDI LINGUISTIK PRAGMATIK. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(2), 274–282. https://doi.org/10.33633/lite.v15i1

Santuso, N. F. N., Sofyan, A., Lingue, J., & Vol, S. (2022). Jurnal Lingue. 4(2), 60–68.

Samadzad, S., & Hashemi, M. (2021). International journal of Innovation in Management Economics and Social Sciences Concentration and its Effect on Advertising: Case Study: Iranian Food and Beverage Industries. Journal Homepage: Www.Ijimes.Ir Int. J. Inn. Man. Eco. Soc. Sci, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.52547/ijimes.1.1.56

Satya Kartika, A. (2016). PERAN EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MEMEDIASI DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND ATTITUDE PADA IKLAN MEREK AQUA (STUDI PADA KONSUMEN AQUA) DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, 5(1), 176–206. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/15792

Siagian, F. N. (2021). Pengaruh Lingkungan Sosial, Iklan, Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Uin Sts …. 2(2), 898–913. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan kedua puluh lima). Alfabeta.

Sullivan, G. M., & Artino, A. R. (2013). Analyzing and Interpreting Data From Likert-Type Scales. Journal of Graduate Medical Education, 5(4), 541–542. https://doi.org/10.4300/jgme-5-4-18

Tripiawan, W., Amani, H., & Wijaya, A. T. (2019a). Effectiveness Analysis of Social Media Ads as A Promotional Media (Case Study: Instagram Taya.Id). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 505(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/505/1/012095

Tripiawan, W., Amani, H., & Wijaya, A. T. (2019b). Effectiveness Analysis of Social Media Ads as A Promotional Media (Case Study: Instagram Taya.Id). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 505(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/505/1/012095

Valdecasas, A. G., Pelaéz, M. L., Wheeler, Q. D., & de Carvalho, M. R. (2022). Evidence-Based Taxonomy: Labels as Illocutionary Acts. Taxonomy, 2(3), 339–346. https://doi.org/10.3390/taxonomy2030026

Wisetsa, A., Eviana, N., & Achmadi, R. (2021). Effectiveness of Promotional Media Using EPIC Model (A Case Study in Al Qadri Umrah and Hajj Bureau in Jakarta). International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 56(1), 322–334. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApp




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.23291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia