KESALAHAN PENERAPAN EYD V PADA SPANDUK MEDIA LUAR RUANG DI KOTA SERANG

Diana Romdhoningsih, Mahpudoh Mahpudoh, Desma Yuliadi Saputra

Abstract


Kesalahan berbahasa banyak ditemukan  di berbagai ruang publik, baik di lingkungan pendidikan maupun masyarakat umum. Tak terkecuali di ruang publik Kota Serang, Banten. Kesalahan-kesalahan itu meliputi pemakaian tanda baca, penulisan huruf kapital, singkatan dan akronim, maupun penggunaan kata baku dan tidak baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk kesalahan berbahasa Indonesia khususnya ejaan bahasa Indonesia di ruang publik Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif kualitatif  dengan kata berupa pemakaian tanda baca, penulisan huruf kapital, singkatan dan akronim, maupun penggunaan kata baku dan tidak baku. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, dokumentasi, baca, catat, dan sampling bertujuan. Aktivitas analisis data dilakukan dengan  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pemakaian ejaan bahasa Indonesia di ruang publik Kota Serang khususnya pada poster atau papan nama lembaga, toko, spanduk, tempat makan, dan beberapa fasilitas lainnya.


Keywords


EYD V; Spanduk; Ruang Publik.

Full Text:

PDF

References


_____. 2016. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id

Arifin, Z. & Hadi, F. (2001). 1001 Kesalahan Berbahasa. Jakarta: CV Akademika Presindo

Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hestiyana. (2018). Bentuk Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Iklan Media Luar Ruang di Kota Pelaihari. Sirok Bastra, Volume 6, Nomor 1 (2018).

Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia secara Sintaktis dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN MIRI. Visipena, 8(2), 241-253.

Mulyana Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Noer, N. M., & Johan, G. M. (2013). “Interferensi Kosakata Bahasa Cirebon Terhadap Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Sekolah Dasar”. Pedagogik-Pendas, 314.

Parliana, Dewi, dkk. (2014). Kajian Fungsi Luar pada Pusat Dakwah Islam di Kota Bandung. Jurnal Reka Karsa. Volume 1. No.4 (hlm. 1-12).

Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Wirahyuni, K. (2019). Penilikan Kesalahan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Konteks Sosial-Masyarakat di Ruang Publik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, Volume 3 Nomor 1 (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.24160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia