PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP UNTUK PEMAHAMAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III MI

Indri Hapsari, Hidar Amaruddin

Abstract


Literasi merupakan langkah awal  bagi suatu individu untuk menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik strip yang layak digunakan oleh siswa kelas III MI pada mata pelajaran bahasa Indonesia terutama pada materi arah mata angin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development)yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dibatasi lima langakah yaitu 1) Potensi dan masalah, 2) Studi Literatur dan Pengumpulan Informasi, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Desain Teruji (Respon siswa). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran komik strip yang layak digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. terbukti dari validasi ahli materi, ahli media, guru, dan respon siswa. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran komik strip arah mata angin dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MI Al Qodir. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran komik strip untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Media komik strip ini layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli media, ahli materi dan validasi guru. Berdasarkan respon siswa media ini dapat meningkatkan minat dan semangat siswa dalam membaca materi pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran Komik Strip, Keterampilan Membaca, Membaca Intensif

Full Text:

PDF

References


Amaruddin, H., Haryadi, & Setianingsih, E. S. (2018). Pengembangan Komik Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Pembelajaran untuk Sekolah Dasar. 247(Iset). http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. 3(1), 19–28. https://doi.org/https://media.neliti.com/media/publications/122239-ID-pengembangan-media-komik-untuk-efektifit.pdf

Bua, M. T. (2022). Efektivitas Media Animasi pada Keterampilan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594–3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689

Dasor, Y. W., Mina, H. M., & Sennen, E. (2021). Peran Guru dalam Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. 2(1).

Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. 7(2), 27–34.

Gandamana, A., & Rezeki, S. A. (2020). Pengembanagan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Scientific Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Di SDN 060912 Medan Denai T.A 2020/2021. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 18(1), 36–45.

Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023. https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023#:~:text=HASIL penelitian Program for International,%2C dan membaca (371)

Layaliya, F. N., Haryadi, H., & Setyaningsih, N. H. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81–84. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392

Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, Khoirunnisa, & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Bunder Iii. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 377–386. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Musnar Indra Daulay, & Nurmnalina. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452

Nuryani, G. D. T., Pangestu, W. T., & Wana, P. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recited, Review) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas 4 SDN Tambakromo 1 Geneng. VII(1).

Puspitasari, A., Sastra, F., & Indonesia, U. M. (2017). Menumbuhkan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Pendidi- kan Dan Pengajaran. 16(2), 81–87.

Rahadian, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pendahuluan. 11(2), 136–145.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Sartika, R., Yusandra, T. F., & Satini, R. (2022). PKM Smp Negeri 12 Padang Dalam Penerapan Media Pembelajaran Dan Teknik Membaca Intensif Pada Keterampilan Teks Laporan Percobaan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 170–174. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i2.3521

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (S. Y. Suryandari (ed.); 5th ed.). Anggota Ikatan Penerbit Indonesia.

Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2023). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation, 2(1), 98–116. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1

Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi Dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar. In Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. 2(2).

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. 2(1), 23–27.

Widyantara, & Rasna. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. 9(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v9i2.28565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia