TINDAK TUTUR ILOKUSI TUTURAN SISWA TUNAWICARA DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 1 KOTA SERANG

Hildawati Ilham, Odin Rosidin, Sundawati Tisnasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuturan siswa tunawicara dengan tujuan (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi dalam tuturan informansi siswa tunawicara Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang di ranah kelas, dan (2) menjelaskan jenis tindak tutur ilokusi dalam tuturan informan siswa tunawicara di ranah kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan bahasa siswa tunawicara kelas VII B di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang. Data dalam penelitian ini, tuturan yang termasuk tuturan ilokusi yang berwujud asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi yang ditemukan dalam tuturan siswa tunawicara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 149 data tindak tutur ilokusi. Berdasarkan hasil analisis data, dikemukakan simpulan sebagai berikut; (1) asertif sebanyak 64 tuturan, (2) direktif sebanyak 41 tuturan, (3) ekspresif sebanyak 36 tuturan, (4) komisif berjumlah 7 tuturan. Hasil temuan ini dimanfaatkan untuk memberikan sumbangan dalam memperkaya kajian pragmatik dan psikolinguistik, khususnya berkenaan dengan produksi ujar penutur tunawicara.


Keywords


Tindak Tutur Ilokusi, Tuturan Siswa, Tunawicara.

Full Text:

PDF

References


Arifuddin. 2010. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Rajawali Pers.

Austin. 1962. How to Do Things with Words. Oxford: Oxford University Press.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Gunarwan, Asim. 2007. Pragmatik Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta: Universitas Atma Jaya.

Gunarwan, Asim. 1994. Kesantunan Negatif di Kalangan Dwibahasawan Indonesia-Jawa di Jakarta: Kajian Sosiopragmatik (PELLBA 7). Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya.

Hildayani Rini, dkk. 2014. Penanganan Anak Berkelainan (Anak dengan Kebutuhan Khusus). Banten: Universitas Terbuka.

Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nababan, P.W.J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Nadar, F.X. 2008. Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: menyibak Kurikulum1984. Yogyakarta: Kanisisus.

Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, Kunjana. 2003. Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rosidin, Odien.2015. Percikan Linguistik. Serang: Untirta Press.

Sardjono.1997. Orthopaedagogiek Tunarungu I (Seri Pendidikan bagi Anak Tunarungu). Surakarta: UNS Press.

Sudaryanto.1988. Metode Linguistik Bagian Pertama. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, Amalia. 2014. Analisis Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Ditinjau dari Peran Orangtua. Skripsi. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.Tidak Diterbitkan.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zamzani. 2007. Kajian Sosiopragmatik. Yogyakarta: Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)