APRESIASI SASTRA PESERTA DIDIK TINGKAT DASAR (STUDI KASUS SDIT IRSYADUL IBAD PANDEGLANG, BANTEN)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djuanda, Dadan. 2014. “Pembelajaran Sastra di SD dalam Gamitan Kurikulum 2013” dalam Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2, Oktober. Bandung Universitas Pendidikan Indonesia.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Presindo
Handono, Suryo, dkk. 2016. Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SekolahDasar: Panduan Guru danCalon Guru. Semarang: Kemdikbud
Herwan. “Psikosastra dan Kesesuaian Bacaan Sastra Anak” dalam Mastra Kandaga, edisi VI, Desember 2017, hlm. 7-14
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra. Jakarta: PT Gramedia.
Kosasih. E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya Pustaka
Kristianto, Dody, dkk (Peny.). 2016. “Legenda Ayam Emas dan Kisah Lainnya: Antologi Cerita Rakyat”. Banten: Kantor Bahasa Banten
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Jakarta: Graha Ilmu
Luxemburg, Jan van, dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM University Press.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2007. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ratna, Nyoman Kutha. 2008. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Resmini, Novi. 20??. Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Strategi Directed Reading Activity (DRA).
Samanhudi, Udi. 2016. “Menceritakan Ulang Cerita” dalam Pelatihan dan Lomba Gerakan Nasional Literasi Bangsa, Kabupaten Tangerang, 25-26 Agustus.
Sarumpaet, Riris. K. Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor.
Seha, Nur, dkk (Peny.). 2016. “Dari Gatrik Hingga Perjalanan: AntologiCerita Rakyat”. Banten: Kantor Bahasa Banten
Tampubolon, DP. 1990. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. 1987. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tolibin, I’anatut. 2014. Pengaruh Penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V MIS Sidorejo Tahun Ajaran 2013-2014
Waluyo, Herman. J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga
Wiyatmi, dan Kastam Syamsi. 2002. “Peningkatan Apresiasi Sastra Siswa SLTP dengan Pendekatan Resepsi Sastra” dalam Cakrawala Pendidikan, Tahun XXI Nomor 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Zaidan, Abdul Razak. Dkk. 1991. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.
Sumber Internet
http://sdit-irsyadulibad.sch.id
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia