PUISI DAN AURAT

Arip Senjaya

Abstract


Esai ini paling tidak berguna bagi saya khususnya untuk mencari tahu (1) kapan puisi pertama manusia lahir? Pertanyaan ini disertai manusia sebab tentu kata-kata Tuhan dalam versi manusia sering juga disebut puisi—Alquran, misalnya, sering pula dianggap suatu puisi. Bahasa Tuhan yang tidak tertulis, seperti keindahan alam, sering juga dinilai puitik. Karena pertanyaan pertama tentang manusia, maka (2) Siapa penyair pertama di tingkat manusia itu? dan (3) Apa konsekuensinya bagi sejarah perkembangan manusia dan puisi itu sendiri? Dari sejak awal spekulasi, bahwa sejarah puisi tidak akan jauh dari sejarah penciptaan manusia, ternyata benar saya temukan dalam salah satu sumber yang mengklaim kata-kata Adam pertama kali sebagai puisi. Sumber tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya. Tapi dengan membaca sumber tersebut dan sumber lainnya sebenarnya persoalan ini memperkembangkan banyak hal di luar tema manusia dan puisi, misalnya tentang penciptaan, dan ini mungkin tema klasik dalam diskusi teologi, tapi semoga tidak terasa begitu bagi para pecinta puisi. Tidak salah kiranya jika bagian-bagian yang meluas itu dihadirkan pula sehingga esai ini bertahan sebagai esai: sebuah obrolan ketimbang penyelidikan akademik metodologis.

Keywords


Puisi, Aurat, Sastra

Full Text:

PDF

References


Alquran.

Forsyth, N. (2007). Adam and Eve. In F. Malti-Douglas (Ed.), Encyclopedia of Sex and Gender (Vol. a-c, 6-12): Thomson.

Husaini, A (2013). Debat kata ‘Allah’ Mencuat Lagi: Tuhan atau Yahweh? http://www.m.hidayatullah.com/kolom/catatan-akhir-pekan/read/2013/01/24/24/3848/debat-kata-allah-mencuat-lagi-tuhan-atau-yahweh.html, (terakhir akses 14/10/2018).

Moberly, R. W. L. (2013). The theology of the book of Genesis. Cambridge; New York: Cambridge University Press

Moore, J. A. (2003). From Genesis to genetics : the case of evolution and creationism. Berkeley, Calif.; London: University of California Press.

Robbins, E. I. (2013). Thalia Delighting in Song: Essays on Ancient Greek Poetry (B. MacLachlan Ed.). Toronto: University of Toronto Press.

Seckbach, J. (2010). Origins genesis, evolution and diversity of life. [La Vergne (Tenn.)]: MyiLibrary.

Sitchin, Z. (2002). Genesis revisited : is modern science catching up with ancient knowledge? Rochester, Vt.: Bear & Co.

Westermann, C., & Scullion, J. (1992). Genesis : an introduction. Minneapolis: Fortress Press.

https://en.wikipedia.org/wiki/Adamah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia