PENGARUH LAGU DEWASA TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA TIGATAHUN

Ahmad A'rief Rifaldi

Abstract


Bahasa sebagai komponen penting dalam kehidupan tentu saja keberadaanya sangat diperhatikan oleh siapapun. Pemerolehan bahasa pun tak luput dari pembahasan-pembahasan yang terjadi mengenai kebahasaan. Pemerolehan bahasa merupakan suatu proses di mana anak yang sedang memperoleh bahasa pertama. Terdapat tiga teori yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian ini yaitu, teori behavioristik, teori mentalistik, dan teori kognitif. Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang di mana penelitian ini berfokus kepada data-data yang berupa teks. DalamĀ  penyajian data peneliti menggunakan teknik simak, yaitu menyimak ujaran-ujaran yang keluar dari Muhammad Imadnuddin selaku objek dan data primer dari peneltian ini. Muhammad Imadnuddin atau biasa dipanggil Imad ini merupakan anak berusia 3 tahun. Peneliti juga menggunakan lirik lagu lelaki cadangan dari T2 sebagai alat untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nya terhadap pemerolehan bahasa anak. Hasil dari penelitian ini yaitu teori mentalistik merupakan teori yang plaing relevan untuk kasusu pengaruh lagu dewasa terhadap anak usia tiga tahun. Selain itu, lagu dewasa yang dicontohkan lewat lagu lelaki cadangan juga berhasil membuat objek penelitian berhasil memperoleh keseluruhan lirik lagu tersebut dalam jangka waktu tiga hari saja.


Keywords


pemerolehan bahasa, teori behavioristic, teori mentalistik, teori kognitif, Muhammad Imadnuddin, lelaki cadangan,

Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo, Soenjono. 2010. Psikonglinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Berbahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nuryani dan Dona Aji Kusuma. 2013. Psikolinguistik. Tangerang Selatan: Mazhab Ciputat.

Ristekdikti. Materi Pemerolehan Bahasa. http://ppg.spada.ristekdikti.go.id/master/mod/page/view.php?id=2275. 10 Januari 2019

Sutopo, H.B. 2002. Metedologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapanya dalam Peneliti. Surakarta: Sebelas Maret University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v5i1.7201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia