PROFIL PROGRAM COMMUNITY SERVICE MAHASISWA PROGRAM DARMASISWA UAD DI SD MUHAMMADIYAH GANTIWARNO KLATEN

Hermanto Hermanto

Abstract


Minat orang asing dalam mempelajari bahasa Indonesia meningkat di setiap tahun. Salah satu program pemerintah dalam pengembangan bahasa Indonesia melalui program darmaiswa. Program beasiswa berupa darmasiswa diikuti oleh berbagai negara yang bekerja sama secara diplomatik dengan Negara Indonesia. Program ini dilaksanakan selama dua semester atau satu tahun yang tersebar dibebagai macam kampus di Indonesia, salah satunya adalah di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Program darmasiswa tahun akademik 2019/2020 diikuti oleh 11 mahasiswa asing yang berasal dari 8 negara. Selain belajar 4 keterampilan bahasa, mereka juga belajar tentang budaya dan sejarah Indonesia, tarian, drama, memasak, dan seni musik. Salah satu program unggulan UAD yang menjdi ciri khas adalah program Community Service di SD dan SMP Gantiwarno Klaten Jawa Tegah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persiapan program Community Service, implementasi Community Service, dan sistem evaluasi dalam Community Service. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengabdian masyarakat melakukan tahap persiapan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan untuk membuat proposal kegiatan. Implementasi kegiatan di lokasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat, meskipun ada beberapa masalah yang muncul, tetapi ada solusi yang dapat diselesaikan. Selain perencanaan dan proses kegiatan Community Service, penelitian ini akan menguraikan sistem evaluasi dalam kegiatan Community Service .


Keywords


Program; Community Service; Darmasiswa.

Full Text:

PDF

References


Fitriani, Siti Rani. 2019. Model Pembelajaran Berbasis Saintifik Mneggunakan Alat Peraga E-Pen Interaktif dengan Muatan Kearifan Lokal pada Era Industri 4.0 Untuk Pengajaran BIPA di Uninus. Jurnal Deiksis, Volume 2, nomor 2, halaman 40-46.

Indrarini, Ardiana Eva. 2011. Strategi Komunikasi Mahasiswa Asing dalam Interaksi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Parole, Volume 2 Nomor 2, halaman 77-82.

Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Mubarok, Wahyu Insani dan Pheni Cahya Kartika. 2019. Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Android Nemo Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula Program Darmasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Metalingua, Volume 4 Nomor 1, halaman 19-24.

Muliastuti, Liliana. 2017. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Buku Obor.

Neuman Lawrence, W. 2019. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Indeks.

Okitasari, Indah. 2019. Evaluasi laporan pelaksanaan tugas tenaga pengajar BIPA wilayah ASEAN 2 masa tugas 2015-2018. Jurnal BIPA, Volume 1, Nomor 2, halaman 89-96.

Rostini, Deti dan Aam Aminah. Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Manajemen Kelas bagi BIPA Program Darmasiswa. Media Nusantara.

Sudaryanto, dkk. 2018. Literasi Mahasiswa BIPA Program darmasiswa Universitas Ahmad Dahlan Bermuatan Bahasa dan Budaya Indonesia. Jurnal Jubindo, Volume 3, nomor 2, Agustus 2018, halaman 57-66.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyitno, Imam. 2017. Deskripsi Empiris dan Model Perangkat Pembelajaran BIPA. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v5i1.7983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia