UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI DRAMA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNTIRTA MELALUI VIDEO PEMENTASAN DRAMA

Farid Ibnu Wahid, Ilmi Solihat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi drama Indonesia pada mahasiswa yang mengampu mata kuliah Apresiasi Drama Indonesia. Apresiasi Drama Indonesia merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dikontrak oleh seluruh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia FKIP Untirta di semester III. Mahasiswa dituntut untuk menguasai materi tentang drama, menganalisis unsur drama, dan bahkan memahami makna dari suatu drama, baik drama sebagai teks maupun drama sebagai pertunjukan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III kelas A sebanyak 35 mahasiswa. Prosedur yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan tes tulis hasil analisis drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pementasan drama dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi mahasiswa. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya kemampuan mahasiswa pada siklus I skor sebesar 55, dengan rata-rata nilai 1,57 ke siklus II skor sebesar 92, dengan rata-rata 2,63. berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui video pementasan drama dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi drama mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia FKIP Untirta semester III pada mata kuliah Apresiasi Drama Indonesia tahun akademik 2019/2020.


Keywords


Kemampuan Mengapresiasi Drama; Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia; Video Pementasan Drama.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Fauzi,Harry d. 2007. Bagaimana Menulis Naskah Drama. Bandung: Armico.

Hasanuddin WS. 2009. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa

Kustandi dan Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran, Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Kampus UIN Ciputat.

Rusman DR. 2012. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sadiman dkk. 2011. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Percetakan Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v5i1.8073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia