STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH UKURAN PARTIKEL SERBUK BAMBU TERHADAP SIFAT MEKANIS KOMPOSIT UNTUK APLIKASI KAMPAS REM SEPEDA MOTOR

Rina Lusiani, Sunardi Sunardi, Nico Purnama

Abstract


Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat, rem juga dituntut untuk dapat digunakan pada kondisi yang ekstrem sekalipun. Dalam aplikasinya kampas rem juga harus memiliki sifat fisik dan karakteristik yang baik dengan faktor keamanan yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan komposisi material komposit sebagai solusi alternatif bahan kampas rem sepeda motor dengan harga terjangkau, ramah lingkungan, memiliki karakteristik yang baik, dan mengetahui pengaruh dari variasi ukuran serbuk bambu terhadap sifat mekanik. Bahan utama yang digunakan adalah bambu betung, bahan yang tersusun dari serat bambu, serbuk bambu, serbuk Zn dan resin epoksi, dengan variasi ukuran serbuk bambu K1 (40 mesh), K2 (60 mesh), dan K3 (80 mesh). Pembuatan bahan dilakukan dengan metode metalurgi serbuk, menggunakan kompaksi cold press punch dengan tekanan 400 kg/cm². Selanjutnya bahan di sintering pada temperatur 150oC selama 1 jam. Karakteristik yang diteliti yaitu kekerasan, laju keausan, densitas, porositas, koefisien gesek, dan pengamatan struktur mikro. Dari hasil pengujian komposit dengan karakteristik terbaik yaitu K3, dengan nilai kekerasan 60 N/mm2, laju keausan 3.23 x 10⁻⁶ mm³/mm, densitas 1.39 gr/cm3, dan porositas 0.48%.


Keywords


ukuran serbuk, bambu betung, kampas rem, komposit

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v2i1.1366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.