KAJIAN TENTANG PENGGUNAAN BAHAN BAKAR BIOSOLAR MURNI DAN CAMPURANNYA MENGGUNAKAN MINYAK JARAK PADA MESIN DISEL SATU SILINDER

Imron Rosyadi, Ipick Setiawan, Haryadi Haryadi, Suhendri Suhendri

Abstract


Seiring berkembangnya ilmu dan teknologi dalam segala bidang khususnya dalam bidang  otomotif dan industri membuat kebutuhan akan energi semakin meningkat hal ini mengakibatkan semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil yang selama ini dipergunakan dalam memenuhi kebutuhan  tersebut. Semakin minimnya cadangan ini mendorong manusia untuk mencari energi alternatif yang dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak bumi atau bahkan dapat menggantikannya. Salah satu energi alternatif adalah minyak jarak.

Minyak jarak dicampur dengan biosolar murni dalam kadar 10%, 15% dan 20 % minyak jarak sehingga dapat digunakan untuk bahan bakar mesin diesel. Penelitian dilakukan  terhadap mesin diesel satu silinder di laboratorium  prestasi mesin di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hasil penelitian torsi mesin diesel menurun jika solar diberi campuran minyak jarak  untuk semua kondisi putaran mesin. Konsumsi bahan bakar motor diesel dengan bahan bakar campuran minyak jarak dan biosolar campuran 10 % lebih irit pada putaran mesin 1500 dan 2000 rpm bila di bandingkan dengan campuran 15%, 20% dan tanpa campuran.

Keywords


biosolar, minyak jarak, mesin dong feng

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v2i1.1367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.