Kajian Pemilihan Rolling Chasis Untuk Kendaraan Taktis Water Cannon Berdasarkan Analisa Distribusi Beban Kendaraan

Agus Sartomo, Prasetyaning Diah Rizky Lestari

Abstract


Saat ini kendaraan taktis Water Cannon Vehicle yang dimiliki Pemerintah Indonesia masih seluruhnya diimpor dari luar negeri. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu kajian agar kendaraaan WCV dapat dibuat di dalam negeri. Metode survey dilakukan terhadap kendaraan taktis WCV pada beberapa instansi pemerintah pemakai kendaraan WCV, sehingga didapat hasil survey yang digunakan sebagai acuan dalam merancang kendaraan WCV. Hasil survey berisi antara lain: dimensi WCV, spesifikasi power train, beban bagian-bagian WCV, kapasitas tangki, dll. Rolling chasis dipilih berdasarkan hasil survey kendaraan WCV dan dilakukan perhitungan center of gravity dengan berbagai macam beban kendaraan. Rolling chasis dipilih sebanyak 4 merk yang cukup terkenal di Indonesia dan mudah dalam hal suku cadangnya. Simulasi perhitungan distribusi pembebanan dilakukan dengan 2 macam konfigurasi bagian-bagian kendaraan WCV, yaitu konfigurasi 1 (kabin-pompa-tangki-gudang) dan konfigurasi 2 (kabin-gudang-tangki-pompa). Selain itu, dilakukan juga simulasi perhitungan dengan berbagai variasi beban jalan / kemiringan jalan, yaitu 0% (0°), 15% (8,5°), 30% (17°), dan 45% (24°). Sehingga dengan simulasi perhitungan tersebut akan didapat rolling chasis dan konfigurasi mana yang layak digunakan dalam pembuatan kendaraan taktis WCV sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh pemakai WCV.

Keywords


Distribusi beban kendaraan, Pemilihan rolling chasis, Water Cannon Vehicle

Full Text:

PDF

References


Gillespie, T.D., 1992, Fundamentals of Vehicle Dinamics, Society of Automotive Engineers, Inc., USA.

Mashadi, Behrooz and Crolla, David, 2012, Vehicle Powertrain Systems, John Wiley & Sons, Ltd., UK.

PTIPK-BPPT, 2015, Laporan Akhir Kegiatan Inovasi dan Layanan Teknologi Kendaraan Taktis, Kendaraan Tempur dan Munisi Kaliber Besar, BPP Teknologi, Indonesia, Desember 2015.

PTIPK-BPPT, 2015, Program Manual Kegiatan Inovasi dan Layanan Teknologi Kendaraan Taktis, Kendaraan Tempur dan Munisi Kaliber Besar, BPP Teknologi, Indonesia, Januari 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v2i1.2343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.