ANALISA HASIL UJI COBA MESIN PENGUPAS BIJI LADA MENGGUNAKAN SISTEM CRUSHER DENGAN VARIASI KEMIRINGAN PIRINGAN SEBESAR 0,53°

Firlya Rosa

Abstract


Pengupasan lada secara tradisional yang dilakukan oleh petani dengan cara perendaman lada yang dimasukkan ke dalam karung pada kondisi air mengalir selama 10-14 hari. Kulit lada yang telah lunak kemudian ditekan menggunakan tangan sehingga kulit akan terkelupas. Untuk membantu proses pengupasan lada tanpa adanya peredaman maka dirancang dan dibuat mesin pengupas lada dengan menggunakan motor listrik sebesar 1 kW dengan putaran 1400 rpm, menggunakan reducer dan bevel gear sebagai penerus putaran. Sistem penekanan atau crusher menggunakan 2 piringan yang dilapisi karet dan dipasang secara horizontal. Piringan atas dalam keadaan tetap dan piringan bawah berputar dengan putaran sebesar 15 rpm. Antara piringan atas dan piringan bawah mempunyai jarak dan kemiringan sebesar 0,53°. Lada yang digunakan dalam penelitian ini merupakan lada yang baru dipetik tanpa dilakukan perendaman. Variabel yang diukur berdasarkan berat awal, berat akhir lada terkelupas, waktu proses dan hasil pengelupasan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa 50% lada terkelupas dengan sempurna, 12,21% lada tidak terkelupas secara sempurna dan berat kulit lada sebesar 37,79%. Rata-rata waktu proses yang diperlukan selama 3,47 menit dengan lada yang terkelupas bewarna kuning dan kapasitas mesin sebesar 0,52 kg/jam.

Keywords


lada, crusher, piringan

Full Text:

PDF

References


Maizar, Rizki, 2015, Rancang Bangun Mesin Pengupas Lada Tipe Piringan Dengan Menggunakan Metode Ethnography Dan Kansei Engineering, Jurnal TIN Universitas Tanjungpura Vol 1, No 3: Jurnal S1 Teknik Industri UNTAN, Publisher: Jurnal TIN Universitas Tanjungpura

Maryadi, Atang Sutandi, Ivanovich Agusta, Mei 2016, “Analisis Usaha Tani Lada Dan Arahan Pengembangannya Di Kabupaten Bangka Tengah”, Tataloka - Volume 18 Nomor 2 - p ISSN 0852-7458 - e ISSN 2356-0266.

R. Bambang Djajasukmana, 2010, “Teknik Pembuatan Alat Pengupas Kulit Lada Tipe Piringan”, Buletin Teknik Pertanian Vol. 15, No. 2.

Rosa, Firlya; Rodiawan, Saparin, 2017, “Rancang Bangun Pengupas Biji Lada Menggunakan Sistem Crusher”, Proseding Senastek.

Suhendra, 2010, “Rancang Bangun Dan Pengujian Mesin Pengupas Lada (Piper Nigrum L.) Tipe Silinder Putaran Vertikal”, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v1i1.2906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.