Pengaruh Rapat Arus dan Waktu Anodizing Terhadap Ketebalan Lapisan Aluminium Oksida pada Aluminium Paduan AA 2024-T3

Fajar Nugroho

Abstract


Aluminium paduan AA 2024-T3 banyak diaplikasikan secara luas pada industri pesawat terbang karena memiliki sifat mekanik yang baik seperti ; bobot yang ringan, kekuatan tarik relatif tinggi dan adanya ketahanan korosi yang disebabkan pembentukan lapisan pasif berupa aluminium oksida. Namun demikian lapisan pasif yang terbentuk secara alami ini memiliki ketebalan yang relatif sangat tipis. Salah satu usaha untuk meningkatkan ketebalan aluminium oksida adalah dengan proses anodizing. Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh rapat arus dan waktu anodizing dalam meningkatkan ketebalan lapisan aluminium oksida pada aluminium paduan AA 2024-T3
Proses anodizing menggunakan larutan asam sulfat 10% dengan rapat arus antara 0,75 A/dm2 sampai 3 A/dm2 dengan waktu pencelupan 30, 40, 50 dan 60 menit. Selanjutnya laju ketebalan lapisan alumimium oksida yang terbentuk diukur dengan menggunakan alat Dual Scope Mpor dalam skala μm. Sebagai data pendukung dilakukan uji komposisi, uji struktur mikro, uji kekerasan Vickers dan uji tarik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketebalan lapisan aluminium oksida pada aluminium paduan AA 2024-T3 dapat ditingkatkan dengan proses anodizing. Anodizing mampu meningkatkan ketebalan lapisan aluminium oksida sehingga laju korosi menurun.

Keywords


AA 2024-T3, Anodizing, Rapat Arus, Waktu, Ketebalan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v1i1.534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.