Peran Komunikasi Ibu Muslimah Pada Kegiatan Belajar di Rumah Anak di Masa Pandemi Covid-19

Darwis Sagita, Burhanudin Mujtaba, Rahmi Winangsih

Abstract


Abstrak

 

Peran Komunikasi orang tua dalam berinteraksi dengan keluarga menjadi sangat penting, karena pada dasarnya komunikasi merupakan hal sangat penting bagi pembentukan dan pengembangan pribadi seorang individu dalam melakukan kontak sosial. Pendekatan komunikasi menjadi hal penting dalam menjaga interaksi dengan anak. Proses belajar melalui adaptasi dan interaksi dapat membentuk konsep diri seseorang dipengaruhi lingkungannya. Komunikasi Ibu muslimah pada anak, dalam prosesnya sedang dihadapkan pada sebuah tantangan besar. Ketika masyarakat dunia sedang berusaha bertahan melawan wabah penyakit berupa virus bernama Corona (belakangan disebut COVID-19). Salah satu dampaknya pada dunia pendidikan harus mengambil kebijakan belajar di rumah. Konsep belajar di rumah pada umumnya dilakukan sekolah dengan cara belajar melalui fasilitas daring. Dengan kondisi seperti ini tentu peran orang tua sangat berarti dalam pendidikan anak di masa belajar di rumah. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim Pengabdian Pada Masyarakat UNTIRTA ikut aktif memberikan solusi terkait peran komunikasi ibu sebagai Ibu muslimah dalam kegiatan Belajar di Rumah selama masa pandemi COVID-19. Dengan membuat target kegiatan (1) Membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dengan memberi pemahaman tentang urgensinya peran Ibu Muslimah pada kegiatan Belajar di Rumah. (2) Meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain dibutuhkan Ibu Muslimah pada kegiatan Belajar di Rumah. Metode penyampaian melalui teknik penyampaian materi tentang model komunikasi efektif dengan pesan keagamaan dan Focus Group Discussion (FGD). Selain peran tim pengusul sebagai pemateri ahli dari aspek komunikasi efektif, kedua sesi ini juga akan melibatkan pakar keagamaan Islam yaitu seorang Ustadz, demi memberi rujukan dalil-dalil keagamaan.

Kata kunci : Ibu Muslimah, Komunikasi orang tua, pandemi Covid-19, belajar daring

 

 

Abstract

 

The role of parental communication in interacting with the family is very important, because basically communication is very important for the formation and personal development of an individual in making social contacts. The communication approach is important in maintaining interaction with children. The learning process through adaptation and interaction can form a person's self-concept influenced by his environment. The communication of Muslim mothers to their children is in the process of being faced with a big challenge. When the world community is trying to defend against an outbreak of a disease in the form of a virus called Corona (later called COVID-19). One of the impacts on the world of education must take a policy of studying at home. The concept of learning at home is generally carried out by schools by learning through online facilities. With conditions like this, of course, the role of parents is very meaningful in the education of children while studying at home. Based on these problems, the UNTIRTA Community Service team actively participated in providing solutions regarding the role of mother communication as Muslim mothers in Studying at Home activities during the COVID-19 pandemic. By setting activity targets (1) Help create peace and comfort by providing an understanding of the urgency of the role of Muslim women in Home Study activities. (2) Improving thinking skills, reading and writing or other skills needed by Muslim women in Home Study activities. The method of delivery is through the technique of delivering material on effective communication models with religious messages and Focus Group Discussions (FGD). In addition to the role of the proposing team as expert speakers from the aspect of effective communication, these two sessions will also involve an Islamic religious expert, namely a Ustadz, in order to provide references to religious arguments.

 

Keywords: Muslim women, parental communication, Covid-19 pandemic, online learning


Keywords


Muslim women, parental communication, Covid-19 pandemic, online learning

Full Text:

PDF (22-32)

References


Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Yogyakarta: Graha Ilmu

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik Dalam Media Massa : Sebuah Studi Critical Discourse Analysis Terhadap Berita-Berita Politik, Jakarta: Granit.

(https://news.detik.com/berita/3673415/alasan-ui-bikin-etika-kontak-dosen-via- wa-supaya-mahasiswa-sopan) penulis : ahmad toriq-detiknews Judul Tulisan : Alasan UI bikin etika kontak dosen via WA: supaya mahasiswa sopan. tahun penulisan 2017. diakses pada 8/10/2017 22:10

(http://www.infokskipsi.com/referensi/web, diunduh 5 Des 2017

https://stikesbanyuwangi.ac.id/tips-belajar-sehat-dirumah-selama-pandemi-covid-19/

Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 152-159 E-ISSN : 2549-7367 Permainan Sorting Color (Juniarti; Hazizah)

Nazir, Mohammad. 1988. Metode pengabdian pada masyarakat. Jakarta : Ghalia Indonesia

Nursalam, 2008. Pendekatan praktis metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Info Medika.

Ndraha, Taliziduhu. 1997. Budaya Organisasi, Jakarta: Rineka Cipta

Rahmat, Jalaludin. 2009. Metode Pengabdian pada masyarakat Komunikasi, Bandung: PT.Remaja Rosadakarya

Rakhmat, Jalaludin. 2008. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sadiman, Arief S. dkk. 2006. Media Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatan, Jakarta: Pustekom Dikbud

Sudjana, 1982. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Pengabdian pada masyarakat Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v1i1.11674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
 
KOMUNITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats