Pendampingan Pembuatan Video Bahan Ajar Sebagai Upaya Memaksimalkan Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Guru TK Tunas Insan Kamil, Kota Serang, Provinsi Banten

Puspita Asri Praceka

Abstract


Abstrak

Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan di satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Guru PAUD menjadi salahsatu kelompok yang terdampak merebaknya Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020. Guru harus menyiapkan pembelajaran baik secara synchronous maupun asynchronous kepada anak didik dengan tetap memperhatikan unsur menarik dalam materinya. Kurangnya pengetahuan guru terhadap cara pembuatan bahan ajar dalam format audio visual menjadi dasar pemikiran mengapa pengabdian masyarakat ini dilakuan. Subjek dari program ini adalah guru-guru di TK Tunas Insan Kamil. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pendampingan menyelurh dari mulai konsep komunikasi efektif, format gambar, pengambilan video sampai editing dengan software sederhana.

Kata Kunci : Bahan Ajar, PAUD, video

 

Abstract

This community service is carried out in the Early Childhood Education unit. PAUD teachers are one of the groups affected by the outbreak of Covid-19 in Indonesia in March 2020. Teachers must prepare both synchronous and asynchronous learning for students while still paying attention to interesting elements in the material. The teacher's lack of knowledge on how to make teaching materials in audio-visual format is the rationale for why this community service is carried out. The subjects of this program are teachers at Tunas Insan Kamil Kindergarten. The method used in this program is comprehensive assistance from the concept of effective communication, image formats, video capture to editing with simple software.

Keywords: Teaching Materials, PAUD, video


Keywords


Teaching Materials, PAUD, video

Full Text:

PDF (54-63)

References


Harahap, Saripah Anum. Edi Purwanta Dimyati, dkk. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19 . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 5(2), DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.1013

Kemendikbud, Pusdatin. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Belajar di Rumah di Masa C-19.. http://pusdatin.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/PANDUAN-PEMBELAJARAN-JARAK-JAUH-BELAJAR-DIRUMAH-MASA-C-19.pdf

Kemendikbud (2021) Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota : Kota Serang. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21_tkra.php?kode=286200&level=2

Kompas. (2020). Antisipasi Penyebaran Corona Di Berbagai Daerah Mula Sekolah Diliburkan. https://regional.kompas.com/read/2020/03/16/05400001/antisipasi-penyebaran-corona-di-berbagai-daerah-mulai-sekolah-diliburkan?page=all

Kompas. (2020). Ini Kendala Orangtua Dampingi Anak PAUD Belajar di Rumah. https://edukasi.kompas.com/read/2020/07/22/090351771/ini-kendala-orangtua-dampingi-anak-paud-belajar-di-rumah?page=all

Kompas. (2020). Hari Guru Sedunia 2020 Tantangan Mengajar di Masa Pandemi Covid 19. https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/05/104304165/hari-guru-sedunia-2020-tantangan-mengajar-di-masa-pandemi-covid-19?page=all

Putra, Eka. (2020): Keterampilan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Dasar Negeri di kabupaten Pelalawan. Repository UIN Suska Riau




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v1i1.11678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
 
KOMUNITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats