Penyuluhan Pemberdayaan Keluarga Dalam Penanganan Kenakalan Remaja Di Kelurahan Bulakan Kecamatan Cibeber Kota Cilegon

Titi Stiawati

Abstract


Kenakalan remaja dapat didefinisikan secara sederhana sebagai perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh remaja di luar yang seharusnya dilakukan oleh remaja. Seperti membolos sekolah, merokok, tawuran, melakukan seks bebas, narkoba, melakukan balap liar atau kebut-kebutan dan sebagainya. Kenakalan remaja yang terjadi saat ini sudah dimana-mana baik di pedesaan, perkotaan, di sekolah dan di luar sekolah. Apabila melihat pelakunya masih banyak yang dibawah umur atau usia remaja namun semua tindakan-tindakan yang menyimpang dari norma-norma tersebut tetap dikategorikan kepada kenakalan remaja merupakan salah satu modal bangsa yang sangat penting karena masa depan bangsa ditentukan oleh remaja-remaja sekarang. Penyuluhan pemberdayaan keluarga dalam penanganan kenakalan remaja di Kelurahan Bulakan Kecamatan Cibeber Kota Cilegon dilaksanakan melalui payung program pengabdian kepada masyarakat, yang berangkat dari adanya permasalahan sosial yang terjadi pada masyarakat di lokus pengabdian, yaitu permasalahan kenakalan remaja. Fenomena kenakalan remaja bukan hanya akibat dari adanya penyimpangan perilaku atau masalah kepribadian, namun juga bisa disebabkan karena kesalahan pola asuh dalam keluarga atau faktor lingkungan dimana para remaja tinggal dan berinteraksi. Oleh karenanya tepat manakala metode pemberdayaan keluarga dalam penanganan kenakalan remaja menjadi strategi pengabdian melalui pendekatan kepada aparat desa, kader-kader posyandu, penggerak PKK, dan tokoh-tokoh masyarakat. Diharapkan melalui kegiatan penyuluhan di atas, menjadi sarana sosialisasi dan edukasi kampus untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mencegah terjadinya kenakalan remaja. Output pengabdian ini adalah pemahaman orang tua mengenai gejala-gejala kenakalan remaja meningkat.


Keywords


Kenakalan Remaja, Pemberdayaan Keluarga, Penanganan Kenakalan Remaja

Full Text:

PDF (108-120)

References


BPS Kota Cilegon. (2021). Kota Cilegon dalam Angka 2021.

Daradjat, Z. (1989). Pembinaan Remaja. Mutiara Offset.

Dubois, B., & Miley, K. K. (1992). Social Work: An Empowering Profession. Allyn and Bacon.

Kalra, M. (1996). Juvenile Delinquency and Adult Aggression Against Women.

Mulvey, E., Arthur, M., & Repucci, N. (1993). The Prevention and Treatment of Juvenile Delinquency: A Review of the Research. Clinical Psychology Review.

Mulvey, E. P., Arthur, M. W., & Reppucci, N. D. (1997). Prevention of Juvenile Delinquency: A Review of the Research. The Prevention Researcher, 4(2).

Sulistyani, A. T. (2000). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Gava Media.

Sumodiningrat, G. (1999). Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v1i2.13772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
 
KOMUNITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats