Pendampingan UMKM dalam Mempromosikan Produk Pangan Lokal Banten melalui Media Sosial

Puspita Asri Praceka, Uliviana Restu Handaningtias, Ika Arinia Indriyany

Abstract


Abstrak

Produk pangan lokal merupakan bagian dari heritage bangsa yang menjadi saksi akan perkembangan peradaban masyarakat dan terikat kuat dengan tradisi budaya bangsa. Pangan lokal tidak hanya perlu untuk dilestarikan tetapi juga ditingkatkan nilainya. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempromosikan pangan lokal adalah dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian sebelumnya menunjukkan hasil bahwa tagar pangan lokal tidak dimanfaatkan dengan maksimal untuk mempromosikan makanan khas Banten, justru banyak ditemukan kasus promosi untuk makalan di luar makanan lokal dengan menggunakan tagar pangan lokal. Hal ini tentunya tidak meningkatkan awareness masyarakat akan keberadaan pangan lokal Banten sehingga pangan lokal tidak terlalu dikenali keberadaannya dalam jagad raya pangan lokal di Indonesia dan kalah pamor dengan pangan lokal lainnya. Oleh sebab itu, perlu adanya pendampingan kepada UMKM pangan lokal Banten untuk memperkenalkan ragam pangan lokal Banten dengan menggunakan media sosial secara optimal. Upaya ini diharapkan dapat membantu umkm untuk memperkenalkan pangan local kepada masyarakat luas. Dengan menggunakan media sosial diharapkan masyarakat luas mengenali apa saja ragam makanan lokal di provinsi Banten dan sekaligus menyebarluaskan informasi pangan lokal tersebut sehingga informasi mengenai pangan lokal Banten tersebar luas.

Katakunci : pangan lokal, promosi, sosial media, UMKM

 

 

Abstract

Local food products are part of the nation's heritage which is a witness to the development of community civilization and is firmly bound to the nation's cultural traditions. Therefore, local food needs to be preserved and increased in value. We can utilize social media to promote local food. However, research has shown that local food hashtags are not used optimally to promote Banten specialties. There are many cases of promoting food other than local food using local food hashtags. This way certainly does not increase public awareness of the existence of local Banten food so that local food is not too recognized in the local food universe in Indonesia and loses prestige with other local foods. Therefore, it is necessary to assist local food SMEs in Banten by using social media optimally to introduce a variety of local Banten foods. This effort is expected to help MSMEs to introduce local food to the broader community. By using social media, it is hoped that the wider community will recognize the variety of local foods in the province of Banten and, at the same time, disseminate information on local food so that information about local food in Banten is widely spread.

Keywords : local food, promote, social media, micro business


Keywords


pangan lokal, promosi, sosial media, UMKM

Full Text:

PDF 46-60

References


Budiman, A. (1996). Teori Pembangunan Dunia Ketiga. Gramedia Pustaka Utama.

BPS Provinsi Banten. (2022). Provinsi Banten Dalam Angka 2022 (B. I. P. dan D. Statistik (ed.)). CV Dharmaputra.

DRPM. (2018). Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XIII. Direktorat Jenderal Penguatan Risetdan Pengembangan Kemenristekdikti.Salim, A. (2004). Ilmu Sosial Budaya Dasar Suatu Pendekatan Multi Disiplin. Anugerah Mandiri.

Peter, N. (2014). Culture and Sustainable Development. https://doi.org/10.13140/2.1.2692.9928

Provinsi Banten. (n.d.). Sejarah Dan Kebudayaan Provinsi Banten. Retrieved September 3, 2022, from https://satpolpp.bantenprov.go.id/upload/photos/untitled folder/April/Sejarah Dan Kebudayaan Provinsi Banten.pdf

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886

Romli, L. (2020). Banten dalam Ragam Perspektif. Bungan Rampai Pemikiran Kritis ICMI Orwil Banten. ICMI Orwil Banten.

Septiani, P. E. (2019). Jurnal Pengabdian Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–111. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2729

Setianto, Y. P., Praceka, P. A., & Handaningtias, U. R. (2019). The Perk of Promoting Local Food through Social Media: Instagrammatics of #kulinerlokal in Indonesia.

Sugiyono. 2009. Metode Pengabdian pada masyarakat Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v2i2.16861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
 
KOMUNITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats