Eksistensi Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat Perempuan di Kelurahan Kadumerak, Pandeglang, Banten

Yeby Ma'asan Mayrudin, Ika Arinia Indriyany, M. Dian Hikmawan, Luki Oka Prastio

Abstract


Perguruan tinggi memainkan peranan yang sangat penting untuk membumikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan dalam memaksimalkan hal ini adalah melalui pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat merupakan jembatan yang dapat menghubungkan perguruan tinggi dan masyarakat dalam upayanya menyelesaikan problematika sosial. Kunci keberhasilan pengabdian masyarakat adalah adanya kolaborasi antara kedua aktor ini sehingga mampu mengubah masyarakat yang tadinya tidak berdaya menjadi masyarakat mandiri. Dalam upayanya menjadi kanalisasi ilmu pengetahuan, Tim Pengabdian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa telah melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Kadumerak. Pengabdian ini hadir untuk memberdayakan kelompok Perempuan di bidang ekonomi, salah satunya melalui sosialisasi pemanfaatan marketplace sebagai sarana transaksi ekonomi. Topik ini dipilih karena adanya kegelisahan atas posisi yang tidak sejajar antara Perempuan dan laki-laki terutama di bidang kesenjangan ekonomi. Tuntutan Perempuan untuk mampu menyeimbangkan urusan di ranah privat tetapi tetap turut andil berkontribusi untuk mencari pendapatan di ranah publik membuat mereka harus lebih cerdas memanfaatkan peluang yang ada, salah satunya marketplace ini. Dengan adanya marketplace, mereka mampu memperluas jaringan pasar atas usaha yang sudah mereka miliki tanpa meninggalkan rumah. Meskipun begitu tetap dibutuhkan inisiatif dan upaya pengembangan diri untuk memastikan bahwa program pengabdian masyarakat ini tidak hanya bersifat hit and run dan penggugur kewajiban, tapi juga mampu sustainable. Kedepannya, program pengabdian masyarakat ini akan menyasar masyarakat yang lebih luas tidak hanya Perempuan tetapi juga laki-laki yang memiliki permasalahan serupa.

Keywords


marketplace; pemberdayaan ekonomi; perempuan; perguruan tinggi

Full Text:

PDF 45-54

References


Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 565–575. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.49

Chotimah, I., Muflihuddin, & Anggraini, D. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN, EKONOMI, KESEHATAN DAN LINGKUNGAN DI DESA WARUJAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN, EKONOMI, KESEHATAN DAN LINGKUNGAN. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1).

Dariah, A. R. (2009). PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM APLIKASI VARIASI MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI JAWA BARAT. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 25(2).

Irawati, D. A., & Rangga, K. K. (2019). Konsep Tanggung Jawab Sosial Perguruan Tinggi untuk Pemberdayaan Masyarakat di Sektor Peternakan. Suluh Pembangunan: Journal of Extension and Development, 1(2).

Karsidi, R. (2007). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Usaha Kecil dan Mikro (Pengalaman Empiris di Wilayah Surakarta Jawa Tengah). Jurnal Penyuluhan, 3(2). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v3i2.2161

Mubarok, M. Y. (2018). Arah Baru Model Pengabdian Masyarakat Berbasis Masjid di Perguruan Tinggi. Proceedings of Annual Conference on Community Enggagement, 270–283.

Muniarty, P., Wulandari, W., Pratiwi, A., & Rimawan, M. (2022). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KULIAH KERJA NYATA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BIMA. Journal of Empowerment, 2(2), 172. https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1586

Nindatu, P. I. (2019). KOMUNIKASI PEMBANGUNAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENGENTASAN KEMISKINAN. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 3(2).

Putri, L. D. (2017). Kolaborasi perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Kota Pekanbaru.

Soehadha, M. (2016). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS AGAMA; MODEL PENGABDIAN MASYARAKAT OLEH DOSEN DAN PERAN PUSAT PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UIN SUNAN KALIJAGA. XII(1), 1–16.

Sulistyani, A. T., & Wulandari, Y. (2017). Proses Pemberdayaan Masyarakat Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Dalam Pembentukan Kelompok Pengelola Sampah Mandiri (KPSM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(2), 146. https://doi.org/10.22146/jpkm.27024

Sururi, A., Hasanah, B., Ma’lumatiyah, M., & Dwianti, A. (2022). IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KAPASITAS AKTOR PERGURUAN TINGGI DI KOTA SERANG. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 6(1), 109–122. https://doi.org/10.32630/sukowati.v6i1.330

Wijaya, M. R. (2022). OPTIMALISASI PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. An Najah: Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan, 1(1).

Yanti, F., & Amaliah, E. (2021). Strategi Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat pada Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 11(01).

Yunus, S. (2017). Model Pemberdayaan Masyarakat Terpadu. Banda Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v4i1.26747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
 
KOMUNITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats