Edukasi Pencegahan Kekerasan Seksual Di Kalangan Pelajar Sma Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton
Abstract
Peningkatan kasus kekerasan seksual di Sulawesi Tenggara, khusunya pada tingkat pelajar terus meningkat dan menjadi salah satu masalah serius yang perlu diperhatikan segera. Upaya pencegahannya membutuhkan kolaborasi berbagai pihak, termasuk pemerintah, pendidikan tinggi, komunitas, dan individu. Beragam bentuk kekerasan yang terjadi seperti pelecehan seksual, pemerkosaan, atau eksploitasi seksual adalah kasus yang paling banyak terjadi. Dari kasus tersebut, memberi dampak pada korban meliputi trauma fisik, emosional, dan psikologis. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman bentuk-bentuk kekerasan seksual, upaya mitigasi dan tata cara pelaporan kasus yang dapat dilakukan. Lokasi dipilih berdasarkan masih minimnya pengetahuan para pelajar terkait pencegahan kekerasan seksual, selain itu kurangnya pendampingan serta pengetahuan yang diajarkan guru pada siswa tentang kekerasan seksual. Metode pengabdian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan kegiatan melalui metode ceramah dan tahapan diskusi kelompok. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah para siswa memahami jenis, bahaya, dampak dari kekerasan seksual dan siswa dapat memahami dan melakukan pencegahan kekerasan seksual secara pribadi dan berkelompok.
Keywords
Full Text:
PDF 103-112References
Antara News, S. (2024, August 13). Pemprov: 192 kasus kekerasan perempuan dan anak di Sultra hingga Juni 2024. Antara News Sultra. https://sultra.antaranews.com/berita/466251/pemprov-192-kasus-kekerasan-perempuan-dan-anak-di-sultra-hingga-juni-2024
Armendariz, C. S., Purver, M., Pollak, S., Ljubešić, N., Ulčar, M., Vulić, I., & Pilehvar, M. T. (2020). SemEval-2020 task 3: Graded word similarity in context. 36–49.
Askarial, Rinaldi, K., & Hidayati. (2023). PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI KALANGAN PELAJAR. Hawa: Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.69745/hawajppm.v1i2.30
Gustina, I., & Anandita, M. Y. R. (2021). EDUKASI PEMAHAMAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR.
J Steiner, J., & M Spear, A. (2020). Multilevel responses to sexual violence in schools in West Africa.
Komnas Perempuan. (2024). Catatan Tahunan Kekerasan Terhadap Perempuan Tahun 2023. https://komnasperempuan.go.id/catatan-tahunan.
Kompas Id, S. R. Y. (2024, August 15). Perempuan dan Anak di Sultra Hadapi Kekerasan Setiap Hari. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/08/15/perempuan-dan-anak-di-sultra-hadapi-kekerasan-setiap-hari
Meisya Edlina Mardani, Nadya Yulianty S, Enan Kusnandar, & Dede Supendi. (2024). Edukasi Pencegahan Kekerasan Seksual pada Peserta Didik SMA Plus Ar Raudah Purwakarta. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 129–134. https://doi.org/10.58192/karunia.v3i1.2027
Narasi TV. (2024). CATAHU Komnas Perempuan 2024 Catat Adanya Peningkatan Aduan Kekerasan Seksual di Ruang Publik. Narasi Tv. https://narasi.tv/read/narasi-daily/catahu-komnas-perempuan
Putri, P., Rahmayanti, Z., & Febrianti, N. (2024). EDUKASI PENGETAHUAN SEKSUAL DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN DAN PELECEHAN SEKSUAL PADA SISWA/SISWI MAS YASPIA WANI. 6.
Rahmah, A., & Ariana, R. A. (2024). Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Melalui Edukasi Berbasis Media.
Rinaldi, K., Afrizal, A., & Maulana, M. (2022). Pendekatan attachment sebagai salah satu upaya pencegahan juvenile delinquency. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 163–172.
Saputra, M. I., Norfazilah, N., Ramadhani, A., & Marlina, A. (2024). Ketimpangan Relasi Kuasa Dalam Kasus Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi. Amsir Law Journal, 5(2), 93–105. https://doi.org/10.36746/alj.v5i2.424
World Health Organization. (2016). INSPIRE: Seven strategies for ending violence against children. World Health Organization. https://iris.who.int/handle/10665/207717
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v4i2.29827
Refbacks
- There are currently no refbacks.