Psikoedukasi untuk Menumbuhkan Harapan Masa Depan Siswa SMK Negeri 4 Surakarta
Abstract
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) berjudul “Psikoedukasi untuk Menumbuhkan Harapan Masa Depan Siswa SMK Negeri 4 Surakarta” bertujuan untuk meningkatkan harapan masa depan siswa. Penelitian menggunakan desain pre-experimental dengan pendekatan one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah 57 siswa kelas XI Busana di SMKN 4 Surakarta. Intervensi meliputi pemberian materi tentang harapan, video edukasi, diskusi, dan kegiatan interaktif pohon harapan. Data dikumpulkan menggunakan skala Adult Hope Scale (AHS) dan dianalisis dengan uji Kolmogorov-Smirnov serta paired sample t-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan nilai rata-rata post-test dibandingkan pre-test sebesar 2.52, dengan nilai Sig. 0.000 (<0.05). Temuan ini membuktikan efektivitas intervensi psikoedukasi dalam menumbuhkan harapan siswa. Meskipun demikian, keterbatasan sampel dan evaluasi dampak program menjadi catatan penting untuk penelitian lanjutan.
Kata kunci: Psikoedukasi, Harapan, Siswa SMK, Masa Depan, Intervensi
Abstract
The Community Service Program (Kuliah Kerja Nyata or KKN) titled "Psychoeducation to Foster Students' Future Hope at SMK Negeri 4 Surakarta" aimed to enhance students' future aspirations. This study employed a pre-experimental design with a one-group pre-test post-test approach. The participants were 57 students from the XI Fashion Class at SMKN 4 Surakarta. The intervention included delivering materials on hope, educational videos, discussions, and an interactive hope tree activity. Data were collected using the Adult Hope Scale (AHS) and analyzed with the Kolmogorov-Smirnov normality test and paired sample t-test. Results indicated a significant increase in the average post-test scores compared to pre-test scores, with a mean difference of 2.52 and a Sig. value of 0.000 (<0.05). These findings demonstrate the effectiveness of psychoeducational interventions in fostering students' future aspirations. However, sample limitations and program impact evaluations are noted as areas for further research.
Keywords: Psychoeducation, Hope, Vocational Students, Future Aspirations, Intervention.
Keywords
Full Text:
PDF 31-37References
Azizah, N., Sarbini, S., & Tahrir, T. (2020). Surviving the Unpleasant: Hope of the Child of Divorce. Psikodimensia, 19(2), 132. https://doi.org/10.24167/psidim.v19i2.2425
Ciarrochi, J., Parker, P., Kashdan, T. B., Heaven, P. C., & Barkus, E. (2015). Hope and emotional well-being: A six-year study to distinguish antecedents, correlates, and consequences. The Journal of Positive Psychology, 10(6), 520-532. https://doi.org/10.1080/17439760.2015.1015154
Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3rd ed.). California: Sage Publications, Inc.
Dewi, W. A. K., Putri, D. F., Murtafi’ah, B., Arvenina, F. N., & Arapat, S. R. P. (2022). Peran Psychological Capital pada Academic Performance Mahasiswa. Jurnal Sudut Pandang, 2(12), 201-207. https://doi.org/10.55314/jsp.v2i12
Fraser, A. M., Bryce, C. I., Alexander, B. L., & Fabes, R. A. (2021). Hope levels across adolescence and the transition to high school: Associations with school stress and achievement. Journal of Adolescence, 91, 48-58. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2021.07.004
Hidayati, N. O., Widianti, E., Sriati, A., Sutini, T., Rafiyah, I., Hernawaty, T., & Suryani, S. (2018). Pelatihan Perencanaan Diri terhadap Orientasi Masa Depan Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Media Karya Kesehatan, 1(2), 155-161.
Mahsup, M., & Atawar, Y. S. (2018). Pengaruh Metode Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 22(2).
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 609-616.
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 284.
Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make a Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 3(1), 1.
Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27.
Ramadhani, I. W., Fahmawati, Z. N., & Affandi, G. R. (2021). Pelatihan Goal Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Altruis: Journal of Community Services, 2(3).
Reza, A. M. (2017). Pengaruh Tipe Kepribadian dan Harapan terhadap Penyesuaian Diri Anak Didik Pemasyarakatan. Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi, 1(1), 66-81.
Safira, L., & Azzahra, N. F. (2022). Meningkatkan Kesiapan Kerja Lulusan SMK melalui Perbaikan Kurikulum Bahasa Inggris.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja (Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga.
Sari, D. W. (2019). Hubungan Harapan Belajar dengan Prestasi Belajar Peserta Didik dan Implikasinya bagi Layanan Bimbingan dan Konseling (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Ulfa, I. J., & Siregar, J. (2024). Peningkatan Hope pada Mahasiswa Pattani Thailand di Pekanbaru melalui Psikoedukasi. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 856-862.
Wilson, J. (2014). Essentials of business research: A guide to doing your research project. Essentials of Business Research, 1–376. https://www.torrossa.com/en/resources/an/5018032
Yana, & Wati, K. D. K. W. M. (2021). Strategi Diferensiasi dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Kejuruan (Studi Kasus di SMK N 5 Bojonegoro) Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9, 956-980.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/komunitas:jpkm.v5i1.30202
Refbacks
- There are currently no refbacks.