Eksplorasi Fitur Canva Sebagai Solusi Mudah Untuk Pengembangan Media Berupa Video Pembelajaran Yang Kreatif dan Inovatif
Abstract
Pembelajaran adalah aktivitas komunikasi yang melibatkan guru, siswa, dan materi pembelajaran. Keaktifan dan antusiasme siswa dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran yang bervariasi dan menarik. Media seperti Canva yang menawarkan berbagai template dan fitur kreatif, dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Dalam konteks Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang diajarkan secara terpadu mencakup kimia, biologi, dan fisika, pendekatan saintifik sesuai kurikulum 2013 penekanan pembelajaran berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan media pembelajaran model Plomp, yang terdiri dari lima fase: investigasi awal, desain, realisasi, tes dan revisi, serta implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dalam pembuatan video pembelajaran IPA efektif meningkatkan keterlibatan siswa dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Implementasi media pembelajaran berbasis Canva membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, serta membuat proses pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi efektivitas Canva dalam berbagai topik IPA dan mengembangkan panduan praktis bagi guru untuk memaksimalkan penggunaan Canva. Ini akan membantu menyajikan materi secara kreatif dan inovatif, serta meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran; IPA; kanvas.
Full Text:
PDFReferences
Permatasari, A dan Fajar, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powtoon Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Di Tingkat SMP. Science Edu. Vol.5: 2.
Pertiwi, G. M. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Terintegrasi Ayat Al-Quran (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279.
Salam, M. Y., & Mudinillah, A. (2021). Canva Application Development For Distance Learning On Arabic Language Learning In Mts Thawalib Tanjung Limau Tanah Datar. Jurnal Teknologi Pendidikan. 23(2), 101–111.
Sadiman, A.S. (2016). Media pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Vol. 2, No.1, 2019, hal. 470 – 477. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia.
Sugiono. (2016). Metode Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, VoteTEKNIKA 7(2).
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JUMIA), 2(1), 102-118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2il.24.
Wahyuningtyas, R. & Bambang Suteng Sulasmono. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 2, No 1. Hal 23- 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
KOSMOLOGI (Jurnal Pendidikan IPA dan Sains) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
KOSMOLOGI (Jurnal Pendidikan IPA dan Sains) is a journal published by the Department of Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Sultan Ageng Tirtayasa University.
Publisher Address: JI. Raya Ciwaru No 25 Serang City, Department of Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Sultan Ageng Tirtayasa University, Ciwaru Campus, Serang, Banten, Indonesia. Phone / Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected]